Atasi Kemacetan melalui Laporan Real-Time dalam Waze

21/03/2015  |  By:   |  Android Apps, Tekno Apps  |  No Comment   //   3386 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Kemacetan tentunya menjadi momok menakutkan bagi setiap pekerja di kota besar. Selain itu kesulitan mencari informasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya tentunya membutuhkan waktu untuk mencarinya. Dengan permasalahan seperti itu, maka lahirlah sebuah Aplikasi navigasi bernama Waze. Melalui aplikasi ini Anda akan mendapat panduan pencarian rute serta kondisi lalu lintas sekitar secara real-time.

Dalam Waze terdapat Menu “Navigate” sangat berguna untuk mencari rute tempat yang akan Anda kunjungi, dan dapat melakukan penyimpanan lokasi awal sehingga memudahkan akses secara cepat. Sering kali seseorang mengalami kesulitan menemui tempat-tempat penting ketika berkunjung ke suatu tempat yang belum dikunjungi sebelumnya. Melalui Waze,  Anda juga dapat mencari rute berdasarkan kategori yang disediakan pada menu seperti pom bensin, tempat parkir, bank atau ATM ataupun bengkel terdekat dengan lokasi yang Anda kunjungi tersebut.  Waze juga menyediakan rute alternatif menuju lokasi tertentu. Jalur alternatif ini dapat dilakukan di tengah perjalanan Anda, jika menemui hambatan pada jalur awal yang ditempuh. Aplikasi Waze dapat mengeluarkan instruksi suara layaknya perangkat Global Positioning System (GPS).

Waze memiliki keistimewaan yaitu dapat mengetahui lokasi teman yang akan Anda jemput dengan mengirimkan SMS atau Email kepada teman Anda. Dengan meng-klik lokasi, Anda akan diberikan panduan lokasi dan rute menuju posisi teman Anda, sementara itu si teman dapat memantau perjalanan Anda secara real-time.

Pada peta Waze, Anda akan mendapati berbagai warna pada jalan. Jika Anda mendapati jalan berwarna merah, orange, atau kuning itu menandakan jalan tersebut sedang macet. Warna merah menandakan macet parah, warna Orang macet sedang dan kuning macet ringan. Anda dapat melaporkan kondisi perjalanan Anda melalui menu “Report” yang tersedia di pojok kanan bawah. Selain itu melalui menu chatting, Anda dapat terhubung dengan pengguna Waze lainnya.

Jika mengunduh Aplikasi Waze, Anda bisa memperlihatkan diri sebagai Baby Wazer. Baru setelah berkendara sejauh total 160 km, Anda dapat mengubah bubble sesuai dengan pilihan mood yang tersedia. Anda juga dapat mengumpulkan poin dengan tantangan yang ada dalam Waze.

Di Indonesia, kehadiran Waze ini tentunya akan menjadi persaingan bagi penyedia rute navigasi lain seperti Google Maps dan Nokia Drive.

Anda pengguna 21, Blackberry atau Windows Mobile, dapat mengunduh aplikasi Waze ini secara gratis, tertarik?

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply