Project Elysium, Aplikasi untuk “Hidupkan Orang Mati”

28/04/2015  |  By:   |  Tekno Apps  |  No Comment   //   589 Views

Teknoologia.com, Jakarta – Salah satu pengmbang yang bermain di perangkat Virtual Reality (VR) menciptakan aplikasi sangat unik yang seakan-akan mampu membuat penggunanya berinteraksi lagi dengan orang yang sudah meninggal. Aplikasi ini bernama Project Elysium.

Mengutip Dailymail pada Senin (27/4/2015), Project Elysium yang dijalankan dalam perangkat VR diklaim pengembangnya dapat “menciptakan pengalaman nyata bersama orang tersayang yang sudah meninggal.”

Aplikasi yang masih dalam tahap pengembangam ini dibuat dengan cara memasukkan memori dan kepribadian seseorang lewat perangkat komputer. Orang yang telah wafat tersebut nantinya akan “hidup” kembali dalam wujud virtual.

Meskipun Paranormal Games selaku pengembang aplikasi ini tidak memberikan detail bagaimana teknologi itu bekerja, tetapi sebuah gambar di akun Twitter mereka memperlihatkan bagaimana seseorang ditransformasikan dalam bentuk tiga dimensi.

Agar dapat menggunakan aplikasi ini, pengguna harus mengirimkan dulu gambar dan video dari orang yang ingin “dihidupkan”. Foto dan video tersebut akan menjadi data yang diproses untuk menciptakan bentuk virtual.

Bukan hanya itu, pengembang juga harus mendapatkan info lebih dalam tentang almarhum agar bentuk virtualnya dapat mendekati kepribadian, perilaku dan gerak geriknya. Kesemuanya didapatkan dari pemindaian tubuh secara lengkap dengan headset Oculus Rift.

Meskipun tampak menyenangkan, aplikasi Project Elysium dapat memberikan efek samping yang cukup serius, yaitu kesehatan mental penggunanya. Ia bisa penyembuh dari kesedihan karena ditinggalkan orang terkasih, atau justru sebaliknya.

Saat ini, prorotipe Project Elysium diikutsertakan dalam kontes Oculus VR. Kontes yang berlangsung sampai akhir April 2015 ini memberikan hadiah utama sebesar US$ 100 ribu. Sementara penenang kedua, ketiga dan keempat akan mendapatkan hadiah US$50.000, US$ 30.000 dan US$10.000.

About the Author :

Leave a reply