SCOOP News, Bacakan Berita untuk Tunanetra

13/05/2015  |  By:   |  Tekno Apps  |  No Comment   //   665 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Scoop News, aplikasi agregator berita asli buatan anak bangsa ini dapat memenuhi kebutuhanmu akan berita sehari-hari. Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini akan membantumu dalam menemukan serta membaca berita. Ditambah, dengan adanya fitur yang membuatnya lebih bersahabat untuk pengguna yang tergolong kaum difabel (orang-orang berkebutuhan khusus, seperti tunanetra).

Aplikasi SCOOP News telah menyematkan fitur navigasi dengan kontrol lewat bantuan suara (voice-over control) pada versi terbarunya. Teknologi yang sudah ada di smartphone modern dan telah digunakan oleh aplikasi seperti Google Now.

Menlansir Infokomputer pada Rabu (13/5/2015), “Pengembangan fitur ini dilatarbelakangi ketika salah satu pengguna SCOOP News, seorang tunanetra, mengirimkan e-mail massukan agar aplikasi SCOOP News dapat mengembangkan fitur yang ramah untuk tunanetra. Di saat itu, kami sadar bahwa berita ternyata telah menjadi kebutuhan setiap orang, termasuk para difabel dan tunanetra”, kata Ellen Nio, VP of Product, SCOOP News.

“Kami tidak ingin keterbatasan fisik menjadi hambatan dalam mendapatkan informasi terbaru. Oleh karena itu, kami medesain SCOOP News dengan memperhatikan fungsi universal agar bisa dinikmati melalui visual maupun audio”, ujarnya.

Selain itu, aplikasi ini mengembangkan integrasi widget, sehingga berita terbaru dapat diakses langsung tanpa harus membuka aplikasi. Pengguna bisa menambahkan widget ini di prangkat iOS dan Android. Dengan pengembangan ini diharapkan mampu menjaring lebih banyak pengguna SCOOP News, terutama kaum tunanetra.

SCOOP News saat ini telah mengumpulkan berita lebih dari 200 sumber portal berita Indonesia. Secara statistik, SCOOP News sudah diunduh 80 ribu kali dengan daily active user (DAU) sebesar 50% dan jumlah akses 1,7 juta kali. Sebanyak 63% menggunakan aplikasi ini di Android, sisanya di iOS. Demografi pengguna didominasi oleh laki-laki (80%) dan berasal dari kota-kota besar semacam Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Sumber berita paling banyak dibaca adalah Liputan 6, Merdeka.com, Gopego, dan Beritasatu, sedangkan kategori berita paling favorit yaitu teknologi, bisnis dan keuangan, dunia pria, otomotif, dan dunia perempuan.

About the Author :

Leave a reply