Appaja Aplikasi Wara-wiri Keliling Jakarta

21/03/2015  |  By:   |  Appstore  |  No Comment   //   546 Views
Appaja

Source Picture karyalokal.codepolitan.com

Teknoologia.com, Jakarta – Robin Dutheil adalah seorang warga negara Perancis yang tinggal di Jakarta selama kurang lebih 6 tahun. Dalam kesehariaannya ia sering sekali menggunakan jasa angkutan umum, Robin juga menjadi tempat bertanya untuk penunjuk arah saat teman-temannya ingin bepergian menggunakan jasa angkutan umum. Atas dasar inlah kemudian Robin terpikir untuk membuat suatu aplikasi yang dapat memudahkan seseorang untuk menemukan jasa angkutan umum di sekitarnya, yang kemudian diberi nama Appaja.

Melalui Appaja, Robin bersama dua rekannya Mansoor Riazuddin dan Daisy Darmawati, berinisiatif untuk mengajak orang beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum, dengan harapan dapat mengurangi kemacetan di Jakarta. Appaja mulai dikembangkan sejak tahun 2013, hingga kiniĀ  Appaja untuk Android telah diunduh sebanyak 3.500 kali sejak diluncurkan pada akhir Desember 2014 dengan 500 pengguna aktif bulanan. Appaja ini juga merupakan salah satu pemenang dalam sebuah kompetisi yang diadakan oleh Pemprov DKI pada April 2014 lalu.

Pengguna dapat mencari lokasi tujuan pada kolom pencarian dalam Appaja. Kemudian setelah menemukan lokasi, pengguna akan diberikan petunjuk terkait angkutan umum apa saja yang dapat digunakan. Dalam Appaja juga terdapat tarif yang harus dibayar serta waktu yang ditempuh. Saat Anda menekan tombol Start, maka navigasi segera dijalankan, melalui panah nantinya akan menunjukkan posisi pengguna sesuai dengan pergerakan rute yang ditempuh. Pengguna juga dapat melihat nama halte ataupun stasiun yang dilewati dalam perjalanan.

Selain untuk warga Jakarta dan sekitarnya, aplikasi ini juga ditujukan untuk wisatawan asing, karena dilengkapi oleh menu vocabulary yang dapat membantu turis dalam perjalanannya. Misalnya “Can I have my money back?” maka akan diterjemahkan oleh Appaja menjadi “Bang, tolong kembalian uang saya” atau “Shall I go down here” – “Bang, turun di sini ya”.

Appaja dapat diunduh secara gratis bagi penguna Android melalui play store. Mau wara-wiri keliling Jakarta, pakai Appaja.

About the Author :

Leave a reply