Kids Sleep Doctor – Aplikasi untuk Tingkatkan Kualitas Tidur Anak

07/04/2015  |  By:   |  Appstore  |  No Comment   //   370 Views

Teknoologia.com, London – Salah satu masalah pada anak adalah kualitas tidur yang buruk. Sebabnya beragam, dari mulai kegiatan sehari-hari hingga gaya hidup yang diajarkan orangtua. Melihat latar belakang tersebut, para dokter di Evelina Children’s Hospital, London, Inggris, menciptakan sebuah aplikasi gratis untuk memperbaiki kualitas tidur anak bernama Kids Sleep Doctor.

Melansir Huffingtonpost pada Senin (6/4/2015), aplikasi Kids Sleep Doctor diciptakan untuk membantu orangtua untuk membentuk kualitas tidur yang prima pada anak. Aplikasi ini mampu memberi nasihat untuk orangtua, misalnya bagaiman menangani teror malam hari yang dialami anak berdasarkan pola tidur mereka sendiri.

Tim dokter yang membangun aplikasi tersebut mengatakan bahwa kualitas tidur yang baik sangat penting bagi perkembangan dan perilaku anak. Paul Gringras, profesor pengobatan tidur anak misalnya, mengatakan bahwa sangat banyak orangtua yang mengeluhkan anaknya tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Kids Sleep Doctor dibuat khusus untuk  memberi saran pribadi kepada orangtua yang memiliki anak berusia 0-16 tahun. Pertama-tama, orangtua harus memasukkan detail tentang pola tidur anak. Data tersebut di antaranya adalah waktu tidur, berapa lama waktu menonton TV atau melihat gadget yang mereka punya dan konsumsi minuman yang mengandung kafein.

Setelah lima hari merekam kebiasaan tidur anak, maka aplikasi pun baru bisa memberikan saran-sarannya kepada orangtua. “Semoga mereka bisa tidur dalam jangka waktu yang normal,” kata Gringras.

Aplikasi ini didesain dalam warna hitam dan palet oranye untuk meminimalkan emisi cahaya biru, yakni jenis cahaya yang seringkali mengganggu tidur. Sampai saat ini, Kids Sleep Doctor tersedia gratis di smartphone berbasis iOS. Sedangkan untuk Android dan Windows Phone akan menyusul.

About the Author :

Leave a reply