Pro Kontra Teensafe, Aplikasi “Mata-matai” Smartphone Anak

16/04/2015  |  By:   |  Appstore  |  No Comment   //   674 Views

Teknoologia.com, Sydney – Penggunaan smartphone pada remaja atau anak-anak terkadang mengkhawatirkan orangtua. Tetapi, dengan aplikasi bernama Teensafe, kekhawatiran tersebut bisa diminimalisir.

Melansir JPNN pada Rabu (15/4/2015), aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melacak daftar nomor telepon yang dihubungi, chat dan situs yang diakses anak-anak.

Di Amerika, Teensafe telah digunakan oleh lebih dari 1 juta orangtua. Sedangkan di negara tetangga kita, Australia, aplikasi ini baru akan diluncurkan.

Meskipun terlihat sangat berguna, aplikasi ini menimbulkan kontroversi di Australia. Menurut Kepolisian Australia, Teensafe berpotensi merusak kepercayaan anak
terhadap orangtuanya.

Penelope misalnya, gadis ini menganggap orangtua sedang memata-matainya melalui Teensafe.

“Menurut saya orangtua harusnya lebih percaya kepada kita daripada menggunakan aplikasi untuk memata-matai,” kata Penelope.

Hal senada dikatakan oleh pejabat di Lembaga Perlindungan Anak, Jon Rouse. Menurutnya, orangtua seharusnya mengkomunikasikan risiko media sosial kepada anak mereka.

“Peran otangtua adalah  membina hubungan dengan anak, mencintainya, merawatnya dan mempercayai mereka – melakukan komunikasi merupakan jalan keluar untuk mengatasi masalah ini,” katanya.

Sementara itu, seorang ibu asal Sydney berpendapat Teensafe adalah cara yang baik untuk menjaga anak. Ia juga mengatakan bahwa aplikasi ini tidaklah melanggar privasi anak.

“Saat ini ada banyak sekali pedofilia dan orang jahat di luar sana yang berusaha memanfaatkan anak-anak perempuan terutama yang seusia anak saya, dan karenanya saya kira orang tua tidak sedang menjajah privasi mereka,” katanya.

Menurut Chief Eksekutif Teensafe, Rawdon Messenger, titik penting aplikasi ini adalah untuk membuka percakapan antara orangtua dan anak.

Bagaimana pendapat Anda? Setuju atau tidak dengan aplikasi Teensafe ini? Tinggalkan tanggapan di kolom komentar, ya!

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply