Aplikasi KCJ Train Permudah Pengguna Kereta

27/04/2015  |  By:   |  Appstore  |  No Comment   //   719 Views

Teknoologia.com, Depok – Perjalanan kereta Commuterline kadang tidak menentu. Ada kalanya gangguan sinyal terjadi atau hal-hal lain yang membuat penumpangnya terlalu lama menunggu. Latar belakang itulah yang membuat pengembang membuat aplikasi bernama KCJ Train.

KCJ Train dibuat untuk memudahkan pengguna jasa KRL Commuterline. Sebabnya, dengan aplikasi ini, pengguna dapat secara real time mengetahui possi kereta beserta rutenya. Adapun aplikasi ini dibuat oleh Universitas Indonesia yang bekerja sama dengan PT KRL Commuter Jabodetabek (KJC).

Mengutip laman resmi UI pada Sabtu (25/4/2015), aplikasi ini diluncurkan di Pusat Studi Jepang Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI.

Sebelum aplikasi ini diluncurkan, sejumlah riset pun dilakukan. Misalnya riset tentang kebiasaan pengguna transportasi di Jepang dan Indonesia. Riset ini dilakukan oleh tim peneliti UI  yang terdiri dari Dr Nadia Yovani, S.Sos, M.Si, Himawan Pratama, MSi, dan Tridianto Subagia, S.Kom. Adapun riset ini dilakukan selama dua tahun ke belakang.

Riset tersebut berkesimpulan bahwa tingkat kepuasan pelanggan kereta sangat dipengaruhi oleh keberhasilan operator kereta dalam memberikan informasi kepada para pelanggannya. Karena itu, dalam aplikasi KCJ Train ini menyediakan fitur real time monitoring, schedule and route , dan email complaint.

“Kami punya inisiatif untuk membuat aplikasi ini agar kemudahan akses informasi kereta dapat terwujud,” kata Nadia, salah satu tim peneliti.

Dalam keterangannya, Nadia juga berharap ke depan akan lebih banyak lagi kolaborasi antara dunia pendidikan dengan dunia bisnis seperti yang sudah dilakukan oleh UI dengan PT KCJ. Menurutnya, penelitian-penelitian yang dapat diaplikasikan dengan berdasar pada kultur dan perilaku sosial masyarakat harus diperbanyak.

Setelah ini, tim peneliti akan menyerahkan lisensi aplikasi kepada pihak KCJ agar mereka dapat meluncurkan aplikasi tersebut di toko aplikasi. Setelah tanggal 30 April, KCJ Train diharapkan telah dapat diunduh pengguna smartphone berbasis Android.

About the Author :

Leave a reply