Aplikasi Smartphone Ini Bantu Anda Pelajari Bahasa Jawa

28/03/2015  |  By:   |  Google Play  |  No Comment   //   2972 Views
Aplikasi Bahasa Jawa Hanacaraka

Source Picture : telsetnews.com

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Nulis Aksara Jawa, itulah aplikasi smartphone keren yang dikembangkan oleh Muhfau, seorang pria asal Boyolali, Jawa Tengah. Sebagaimana namanya, aplikasi ini dibuat untuk membantu orang untuk membaca dan menulis dalam aksara Jawa.

Sebagaimana diketahui, saat ini bahasa-bahasa lokal semakin terkikis karena pengaruh budaya luar sekaligus generasi mudah yang memang sudah tidak berminat untuk mempelajarinya. Maka, kehadiran aplikasi Nulis Aksara Jawa ini patut diapresiasi.

Aplikasi Nulis Aksara Jawa ini sangat mudah digunakan. Untuk mengkonversi huruf latin ke aksara Jawa, user tinggal menuliskannya pada kotak dialog dan lalu tekan tombol “konversikan”.

Selain dari huruf latin ke aksara Jawa, konversi dari aksara Jawa ke huruf latin pun caranya sama. Jangan khawatir, aplikasi smartphone ini telah menyediakan keyboard dengan aksara Jawa. Menariknya, semua hasil konversi dapat disimpan sebagai gambar. Tinggal pilih: share ke teman atau ke media sosial.

Selain fitur utama tersebut, aplikasi smartphone ini juga mampu untuk mengkonversi suara ke teks. Jika Anda memilih menu konversi tulisan latin menjadi aksara Jawa, maka Anda tinggal bersuara dan secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan aksara Jawanya.

Pun sebaliknya, saat Anda meng-input suara dengan bahasa Jawa, maka output yang akan keluar pada aplikasi smartphone adalah huruf latin. Dalam menu ini, Anda bisa sekaligus melatih pengucapan Jawa, apakah sudah benar atau belum.

Aplikasi smartphone ini mendapat respon cukup positif. Terbukti, Nulis Aksara Jawa sudah diunduh lebih dari 5000 kali dan mendapat review rata-rata 4,3 bintang dari maksimal 5 bintang.

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply