Aplikasi Office Lens Hadir di iOS dan Android

07/04/2015  |  By:   |  Google Play  |  No Comment   //   727 Views

Teknoologia.com, Jakarta – Microsoft kembali mengembangkan sayap. Kali ini, perusahaan tersebut melakukannya dengan cara membawa aplikasi pemindaian bernama Office Lens ke perangkat berbasis iOS dan Android.

Aplikasi yang sebelumnya sudah hadir di smartphone berbasis Windows Phone ini memiliki fungsi yang cukup berguna. Pasalnya, Office Lens mampu memindai teks dengan memanfaatkan kamera kemudian mengkonversi dan menyimpannya menjadi dokumen Microsoft, Word, PowerPoint atau PDF.

Aplikasi ini tentunya membawa manfaat tersendiri, terutama bagi mereka yang terbiasa bekerja dengan perangkat pengolahan kata. Misalnya, ada satu situasi dimana seseorang perlu untuk mengolah kembali isi dokumen tertentu. Masalahnya, file digitalnya sudah terhapus, yang masih tersisa hanya dokumen tercetaknya saja.

Dalam situasi tersebut, bisa saja kita mengetik ulang seluruh isi dokumen.Tetapi hal itu tentu menjadi pekerjaan yang merepotkan. Apalagi jika yang perlu diketik ulang cukup banyak. Dalam situasi seperti inilah aplikasi Office Lens sangat membantu.

Cara kerja Office Lens cukup mudah. Anda tinggal memfoto apapun yang terdapat teksnya. Setelah memfoto, maka aplikasi ini secara otomatis akan memindainya dan menjadikannya teks digital yang dapat diedit sebagaimana teks pada smartphone pada umumnya.

Konversi teks tersebut memanfaatkan fitur OCR atau optical character recognition. Waktu para pengguna memotret misalnya dokumen, Word dipastikan bisa mempertahankan bentuk dari layout yang sudah terekam selanjutnya memakai OCR tersebut untuk mengenali karakter yang memang akan diubah jadi sebuah teks.

Dengan menghadirkan Office Lens ke smartphone berbasis iOS dan Android, Microsoft ingin menunjukkan bahwa mereka ingin mendapatkan pengguna sebanyak-banyaknya. Tentu, tanpa memedulikan sistem operasi yang dipakai pengguna.

Dengan Office Lens, Microsoft  tak lagi memonopoli layanannya hanya sebatas di perangkat Windows atau Windows Phone. Mereka melihat fakta bahwa pengguna perangkat mobile Android sangat berkembang, lalu diikuti pengguna iPhone.

About the Author :

Leave a reply