Wavee, Aplikasi Sosial Saingan WhatsApp

14/04/2015  |  By:   |  Google Play  |  No Comment   //   621 Views

TEKNOOLOGIA.com, Singapura – Kejayaan WhatsApp sebagai aplikasi komunikasi nampaknya sulit disaingi. Tetapi, hal tersebut tidak menggoyahkan niat operator telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara, Singtel, untuk meluncurkan aplikasi sosial serupa bernama Wavee.

Tidak tanggung-tanggung, aplikasi ini diklaim bakal menyaingi WhatsApp dan Skype. Melansir Tempo pada Senin (13/4/2015), Wavee memiliki fungsi yang serupa seperti aplikasi platform sosial pada umumnya. Beberapa fungsi tersebut di antaranya  adalah berkirim pesan instan, suara, serta panggilan video.

Bukan hanya itu, fitur lainnya yang tersedia di aplikasi ini adalah berbagi lokasi serta menyunting foto yang akan dikirim.

Sebagai bentuk perkenalan, pengguna Wavee yang menggunakan Singtel tidak akan dikenai kuota data hingga 9 Juli nanti. Operator telekomunikasi yang memiliki 500 juta pelanggan ini juga berencana membuat fitur lainnya pada Wavee, yaitu fitur panggilan untuk telepon nonseluler. Untuk yang terakhir, fitur tersebut baru dapat digunakan mulai pertengahan tahun ini.

Bukan hanya fungsinya, cara menggunakan Wavee juga serupa dengan WhatsApp. Aplikasi ini mengharuskan pengguna untuk memasukkan nomor telepon seluler. Meskipun mudah, cara tersebut juga dikritik karena dianggap mengusik privasi. Meskipun Singtel sendiri tidak menanggapi perihal kritik tersebut.

Perusahaan asal Singapura ini bahkan mengklaim Wavee memiliki kualitas koneksi yang lebih baik dibanding aplikasi sejenis. Sebab, Wavee memiliki kemampuan untuk mendeteksi kekuatan jaringan saat sedang melakukan panggilan video. Karena itu, ketika berada di jaringan yang buruk, pengguna dapat memilih apakah melanjutkan panggilan atau mengakhirinya.

Adapun cepatnya pertumbuhan Internet di Asia Tenggara membuat Singtel percaya Wavee dapat berkembang pesat. Aplikasi ini kini sudah tersedia di smartphone berbasis iOS dan Android.

About the Author :

Leave a reply