Toko Aplikasi Alternatif Google Play Kembangkan Produk Lokal

17/04/2015  |  By:   |  Google Play  |  No Comment   //   910 Views

Teknoologia.com, Jakarta – Untuk mengunduh aplikasi smartphone berplatform Android, biasanya pengguna menggunakan layanan Google Play. Selain itu, sebagai alternatif ada juga Mobo Market yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 2013.

Menariknya, toko aplikasi ini selain menyediakan aplikasi yang terdapat di Google Play, juga berusaha mengembangkan produk lokal, atau dengan kata lain buatan anak negeri sendiri.

Mengutip Kompas pada Kamis (16/4/2015), Marketing Manager Baidu Indonesia, Iwan
Setiawan mengatakan bahwa Mobo Market kini telah berisi 643.000 aplikasi terdaftar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2000 aplikasi merupakan hasil karya pengembang lokal.

“Dari keseluruhan aplikasi ada sekitar 2.000 aplikasi buatan lokal, developer-nya sendiri sekarang ada 283 orang. Targetnya, akhir 2015 ini kami bisa menambah sekitar 1.000 aplikasi dari developer lokal,” Jelas Iwan

Menurut Iwan, Mobo Market memiliki kelebihan dalam fitur highlight. Fitur ini menampilkan rekomendasi aplikasi berdasarkan tren yang sedang berkembang.

Iwan kemudian mencontohkan banner bertuliskan Race Fast and Furious di header Mobo Market. Saat diklik, banner tersebut akan langsung membawa pengguna pada daftar game balap seperti Fast Racing 3D, Furious Car Driver 3D dan Fast Furious Driving Simulator.

Iwan juga menjelaskan bagaimana caranya pengembang lokal dapat mengirimkan produknya ke Mobo Market. Agar dapat masuk ke Mobo Market, pengembang cukup mengirimkan file mereka dalam bentuk apk dan deskripsinya melalui e-mail.

Kemudian, tim dari Mobo Market akan memeriksa aplikasi tersebut dan menyeleksinya berdasarkan konten. Aplikasi yang masuk juga dipindai untuk menghindari kemungkinan malware.

Screening kami cuma masalah keamanan saja, agar dapat dipastikan aplikasi tersebut aman dan bebas dari malware. Setelah itu akan kami langsung pajang di Mobo Market,” jelas Iwan.

Menurut Iwan, Indonesia punya pengembang aplikasi bagus, tetapi seringkali tidak tahu cara mempromosikan produknya di toko aplikasi seperti Google Play.

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply