Pantau Gempa Bumi dengan Aplikasi Smartphone

29/04/2015  |  By:   |  Google Play  |  No Comment   //   1170 Views

Teknoologia.com, Jakarta – Dunia baru saja dikejutkan oleh gempa dahsyat berskala 7,9 ritcher yang terjadi di Nepal. Gempa bumi yang menewaskan ribuan orang ini, menurut para ilmuwan, dapat diminimalisir akibatnya jika ada peringatan dini.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui gempa bumi sejak dini, salah satunya adalah melalui aplikasi smartphone. Aplikasi untuk mendeteksi gempa bumi tersedia ratusan, bahkan ribuan di toko aplikasi seperti Google Play.

Aplikasi yang sebagin besar tidak dibanderol harga alias gratis ini biasanya menggunakan data dari United States Geological Survey (USGS), sebuah website yang khusus menyediakan informasi titik gempa di seluruh dunia.

Salah satu aplikasi pendeteksi titik bencana di seluruh dunia tersebut adalah Earthquake Alert. Ditulis di Google Play, aplikasi ini mampu mendeteksi gempa minimal 1 Skala Ritcher (SR) di Amerika dan 4,5 SR di wilayah lainnya.

Tampilan aplikasi ini hanya terdiri dari tiga bagian sehingga cukup sederhana. Earthquake Alert terdiri dari informasi titik gempa, lokasi gempa dalam bentuk peta hingga berita terbaru seputar gempa yang sedang terjadi.

Aplikasi ini bisa diinstalasi pada smartphone berbasis Android, bahkan yang berspesifikasi rendah sekalipun. Saat ini, Earthquake Alert telah mendapat peringkat 4,3 dari maksimal 5 di Play Store dan telah diunduh 1 hingga 5 juta kali.

Menurut para ilmuwan, meskipun aplikasi sejenis sangat berguna dan mudah digunakan, tetapi ia masih kurang akurat jika dibandingkan dengan perangkat pendeteksi gempa bumi sungguhan yang berbiaya mahal.

About the Author :

Leave a reply