Bahaya, Aplikasi Gratis Ternyata Curi Data Pribadi Pengguna!

08/05/2015  |  By:   |  Google Play  |  No Comment   //   763 Views

Teknoologia, London – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan Perancis tentang aplikasi-aplikasi gratis yang beredar di pasaran menghasilkan kesimpulan yang mencengangkan.

Salah satu hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa sebagian kecil aplikasi tersebut mengizinkan perangkat untuk menyerahkan data pengguna ke situs-situs pelacak identitas seseorang atau user tracking.

Melansir ZDNet pada Jumat (8/5/2015), jumlah aplikasi ini sekitar 30 persen dari sampel yang diteliti. Jumlah yang cukup banyak, apalagi mengingat efeknya yang ditimbulkannya.

Salah satu efek diserahkannya data pengguna adalah pihak ketiga dapat mengetahui informasi seputar pengguna. Data yang ada di perangkat diserahkan secara diam-diam tanpa pengguna mengetahuinya.

Jumlah situs pelacak pengguna yang terhubung pun cukup banyak. Contohnya aplikasi bernama Eurosport Player, aplikasi tersebut ternyata terhubung langsung ke 810 situs pelacak pengguna.

Lebih jauh, pengguna pun tidak bisa melakukan apapun, seperti misalnya mengetahui data apa saja yang telah diambil atau bagaimana cara menghapusnya. Google juga belum bertindak untuk menyelesaikan masalah ini.

Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kebanyakan aplikasi gratis secara diam-diam menghubungkan perangkat pengguna ke ribuan situs luar sekaligus, sebagian besar adalah situs iklan.

Perusahaan riset yang melakukan hal ini bernama Eurocom. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah sekira 2 ribu aplikasi gratis yang berasal dari kategori 25 aplikasi terbaik di Google Play Store.

About the Author :

Leave a reply