Project Loon – Penentu Masa Depan Internet Dunia

25/03/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   550 Views
Project-Loon

Source Picture : www.bedahtekno.com

Teknoologia.com, Jakarta – Menyikapi penyebaran akses internet yang masih belum merata diseluruh dunia, google mengaplikasikan idenya yang bernama Project Loon. Fungsinya adalah untuk meratakan akses internet untuk seluruh orang di dunia, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil. Bagaimana caranya?

Project Loon merupakan salah satu proyek Google untuk menghadirkan jaringan internet di lokasi yang terpencil dengan wahana balon yang berperan layaknya satelit. Balon-balon ini akan diterbangkan dengan menggunakan tenaga surya. Project Loon direncanakan memperluas cakupan jaringan internet dunia dengan membuat jaringan Wi-Fi di udara dengan menggunakan balon.

Proyek ini diharapkan bisa memberikan akses internet bagi masyarakat di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau infrastruktur tradisional. Dalam keterangan resminya, Google mengatakan bahwa setiap balon Project Loon bisa memberikan koneksi internet nirkabel pada area dengan diameter 40 km. Kecepatan transfer data yang dihasilkan disebut bisa setara dengan “koneksi 3G”.

Balon udara yang digunakan dalam Project Loon ini telah diuji sejak Juni 2013 lalu. Ada sekitar 30 balon yang diluncurkan dari Selandia Baru dan memancarkan sinyal internet ke sejumlah penguji. Google juga telah mengujicoba balon Project Loon di sejumlah negara lain, seperti Brazil pada bulan Mei 2014 dan Australia pada Desember 2014.

Project Loon akan dikembangkan lebih luas lagi hingga tujuan untuk membentuk “cincin” yang melingkari Bumi sehingga koneksi internet yang diterima tidak terputus tercapai.

About the Author :

Leave a reply