Sampaikan Pengaduan Tayangan Televisi Melalui Rapotivi

26/03/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   529 Views
Tayangan Televisi

Source Picture : elmozele.blogspot.com

Teknoologia.com, Jakarta – Maraknya tayangan televisi yang tidak mendidik atau malah justru mengajarkan hal-hal yang dapat merusak mental anak, kadang membuat orangtua atau penikmat televisi lainnya menjadi gerah. Sebagian stasiun televisi di Indonesia dianggap gagal menghadirkan tayangan yang sehat, benar, dan bermanfaat bagi masyarakat. Atas dasar itu, lembaga studi Remotivi kemudian berinisiatif untuk membuat suatu aplikasi yang diberi nama Rapotivi.

Rapotivi sendiri adalah aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone android untuk memudahkan masyarakat dalam pengaduan tayangan televisi yang buruk. Melalui Rapotivi diharapkan dapat membantu peran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk dapat bekerja lebih cepat, responsif, dan progresif. Masyarakat juga akan lebih mudah dan proaktif dalam melakukan pengaduan atas tayangan televisi yang berdampak tidak baik.

Penggunan Rapotivi sangat mudah. Melalui opsi Buat Laporan, pengguna dapat melaporkan secara tertulis dengan mengisi kolom judul tayangan, stasiun televisi, waktu penayangan, program, jenis pelanggaran, dan deskripsi tentang pengaduan. Setelah semua diisi dan dikirim, tim Rapotivi akan melakukan verifikasi, kemudian pengaduan ini akan disampaikan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Remotivi dibentuk pada tahun 2010, merupakan lembaga studi dan pemantauan media televisi di Indonesia. Remotivi didirikan atas inisiatif warga dalam merespon praktik industri televisi pasca Orde Baru yang semakin komersial dan mengabaikan tanggung jawab publik.

Untuk menarik partisipan, rapotivi memberikan hadiah secara berkala bagi pengguna yang dianggap aktif. Pengguna juga akan mendapatkan hadiah langsung dari skor yang didapatkan dalam rapotivi.

Rapotivi dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android melalui Google Play Store. Selain melalui smartphone android, rapotivi juga dapat diakses melalui rapotivi.org . Dalam situs ini rapotivi menyediakan komik, infografis dan berita pendek soal isu pertelevisian indonesia.

About the Author :

Leave a reply