Windows 10 Jadi Pengganti Android di Xiaomi Mi4

26/03/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   718 Views
windows-10

Source Picture : blogs.windows.com

Teknoologia.com, Jakarta – Xiaomi Mi4 di Tiongkok akan dapatkan alternatif sistem operasi selain Android. Sistem operasi yang dimaksud tersebut adalah jagoan baru Microsoft. Yap, apalagi kalau bukan Windows 10.

Windows 10 rencananya akan disalurkan sebagai custom ROM, lengkap dengan beragam layanan Microsoft, sebagai sebuah ujicoba yang dilakukan oleh raksasa software tersebut.

“Pengguna Xiaomi Mi4 akan bisa mem-flash ponsel mereka dengan OS Windows 10 serta memberikan masukan ke Xiaomi dan Microsoft,” tulis Microsoft di ArsTechnica.

Beberapa waktu yang lalu Microsoft sengaja mengubah persyaratan hardware Windows supaya dapat diaplikasikan dengan perangkat yang biasa digunakan oleh Android. Maka dari itu sistem operasinya bisa dijalankan pada smartphone Android.

Smartphone Android lainnya yang juga menawarkan Windows adalah HTC One (M8). Bedanya dengan Xiaomi Mi 4 adalah, HTC One (M8) telah dibekali sistem operasi Windwos 8.1 sejak diproduksi, sementara para pengguna Mi4 bisa memilih mau pakai Windows 10 atau Android.

Jagoan baru Xiaomi tersebut bakal menjadi smartphone Windows 10 yang memiliki spesifikasi paling canggih, dengan dibekali layar 5 inci full-HD (1920×1080), prosesor Snapdragon 801, RAM 3 GB, baterai 3.080 mAh, serta kamera 13 megapixel dan 8 megapixel. Xiaomi Mi4 diprediksi akan menjadi pesaing menakutkan untuk smartphone-smartphone milik brand raksasa lainnya.

Namun, Xiaomi menekankan bahwa mereka tidak bermitra dengan Microsoft. Menurut penawaran Windows 10 untuk pengguna Mi 4 hanya sebagai bantuan yang diberikan dalam rangka uji coba Microsoft.

Tiongkok merupakan negara yang dipilih oleh Microsoft karena kebanyakan pengguna Android di Tiongkok memiliki kebiasaan memakai ROM alternatif. Apalagi layanan Google Play Store sangat terbatas di sana, sehingga pengguna terbiasa bergantung pada layanan milik pihak ke tiga.

Selain itu, Xiaomi juga dikenal memiliki komunitas yang selalu memberikan masukan mengenai software, jadi tidak salah kalau Microsoft memilihnya untuk dijadikan basis ujicoba Windows 10.

About the Author :

Leave a reply