Hal Sepele Tapi Berbahaya “Charger Smartphone”

27/03/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   1286 Views
Charger Smartphone

Image Source : extremetech.com/

Teknoologia.com, Jakarta – Semua orang kini pasti tentu telah menggunakan smartphone, bahkan sepanjang waktu perangkat ini selalu menemani Anda kemana pun. Semakin pentingnya smartphone, maka tentu Anda akan berusaha melakukan apa pun untuk membuat smartphone tersebut tetap menyala. Mulai dari melakukan pengisian bateri dengan charger yang dicolokkan pada aliran listrik , hingga menggunakan power bank ketika bepergian.
Tahukah Anda, bahwa sejak pertengahan hingga akhir tahun 2014 kemarin ternyata sekitar 9 kasus kecelakaan terjadi di Jepang yang diakibatkan bagian charger smartphone yang terbakar. Bahkan baru-baru ini tepatnya Februari 2015 lalu, ada juga kasus yang sama di mana anak laki-laki mengalami cedera luka bakar dikarenaka smartphone terbakar ketika di-charger. Beberapa kasus juga mengakibatkan para pengguna smartphone tersebut terluka. Terlihat ini terlihat hal sepele tapi berbahaya, lalu apa saja penyebab charger smartphone bisa terbakar dan melukai para penggunannya tersebut ?

Para peneliti dari Institut Kesehatan dan Kehidupan memberikan perigatan keras terhadap para pengguna smartphone khususnya di Jepang agar selalu berhati-hati ketika sedang men-charger smartphone. Menurut para peneliti tersebut, terbakarnya smartphone ketika sedang di charger dikarenakan adanya keringat atau air yang berada dekat colokan charger tersebut. Selain itu debu campuran yang mengandung zat berbahaya juga bisa memicu terjadinya hubungan arus pendek (korsleting listrik) dan bisa menyebabkan kepala charger tersebut terbakar.
Hasil penelitian yang ada, bahwa suhu charger akan meningkat drastis hinggaa mencapai 300 derajat Celcius setelah penggunaan selama 5 menit. Jika terus menerus, ini akan membuat konektor charger tersebut bisa secara mendadak membakar smartphone. Selanjutnya para peneliti dari Jepang tersebut memberikan tiap menghindari masalah tersebut seperti :

• Perhatikan selalu kondisi charger. Pastikan semua perangkat charger bersih, khususnya konektor charger sehingga bebas dari polusi apapun. Ini dikarenakan bagian konektor charger tersebut merupakan bagian yang sangat sensitif dan sumber dari kebakaran pada smartphone.

• Jangan pernah charge smartphone berlama-lama. Ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan yang akan bisa terjadi pada smartphone ketika proses pengisian baterai sedang berlangsung.

• Pastikan sekeliling tempat yang biasa digunakan untuk charger baterai smartphone bersih dan tidak ada bekas air yang tersisa. Karena sudah dijelaskan di atas bahwa air bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran pada smartphone yang sedang di charge.

Hati-hati yah untuk Anda para pengguna smartphone!

-apuy-

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply