WINDOWS 10 Login Menggunakan Iris Mata dan Sidik Jari

28/03/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   2091 Views
windows-10

Source Picture : Windows.microsoft.com

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Microsoft perusahaan teknologi ternama memberikan inovasi canggih untuk keamanan produk barunya sebagai pelengkap Windows 10 dengan Iris Mata dan Sidik Jari. Seperti dilansir News Softpedia, Selasa (17/2/2015), akses untuk menuju windows 10 tidak lagi memakai password. pengguna akan menggunakan pindai atau scan mata untuk log in ke windows terbaru besutan Microsoft itu.

Teknologi keamanan berbasis pengenalan biometrik seperti identifikasi wajah relatif lebih aman dan mudah untuk digunakan dibanding mengetik password secara manual yang rentan dicuri atau gampang dibobol.

Database biometri Windows 10 ini disimpan dilokal komputer pengguna dan dikunci dengan data kriptografis. Keamanan sistem ini meminimalisir resiko pencurian data biometrik karena semua data informasi tidak ditransmisikan ke luar komputer.

Sistem keamanan biometrik memang mulai banyak digunakan oleh perusahaan teknologi. meski demikian, penggunaanya masih belum umum. Metode pemindaian sidik jari atau finger print dan mata berbasis FIDO 2.0 misalnya, sudah digunakan untuk beberapa perangkat dan layanan Google maupun Apple.

Perlu ditambahkan teknologi pengamanan menggunakan identifikasi sidik jari membutuhkan alat tambahan untuk memindai selaput iris mata mensyaratkan perangkat keras tambahan sebagai penunjang yang cukup rumit, mencakup kamera RealSense 3D dari intel dan sensor infra merah khusu. Keduanya belum banyak tersedia di komputer desktop maupun laptop yang beredar saat ini.

Setelah dikonfirmasi melalui konfrensi, kemungkinan tanggal rilis Windows 10 akan diluncurkan pada bulan April 2015. Meskipun belum ada kepastian tetapi semoga saja Windows 10 akan diluncurkan pada pertengahan 2015 mendekati musim panas.

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply