Cegah Kicauan Kasar, Twitter Ujicoba Fitur Quality Filter

31/03/2015  |  By:   |  Social Media, Tekno News  |  No Comment   //   522 Views

 

Source Picture: thestashed.com

Source Picture: thestashed.com

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Twitter kini sedang menguji coba fitur terbarunya bernama Quality Filter. Fitur ini bertujuan untuk mencegah penggunaan kata kasar dalam kicauan melalui situs micro-blogging besutan Dick Costolo ini.

CEO Twitter Dick Costolo menyampaikan memo kepada kalangan internal perusahaan belum lama ini. Dalam memonya itu, Costolo mengatakan Twitter bisa menjadi tempat yang sangat kejam karena berpotensi sebagai sumber cyber bullying.

Twitter memang mulai rajin mengambil langkah aktif dalam memerangi tindak bullying. Kasus bullying menjadi perhatian besar Twitter karena kerap menimpa pengguna terkenal, seperti anak mendiang Robin William atau penyanyi Iggy Azalea.

Pada dasarnya Quality Filter adalah pengembangan fungsi dari opsi pemberitahuan. Quality filter hadir untuk dapat melakukan penyaringan kicauan dengan nada kasar atau tidak pantas juga konten ganda yang dikirim dari akun yang mencurigakan. Fitur ini memungkinkan pengguna terverifikasi untuk menyembunyikan notifikasi berisi kata-kata kasar atau konten ganda yang dikirim dari akun mencurigakan.

Hingga saat ini, Twitter hanya menerapkan fitur baru ini bagi para pemilik akun terverifikasi. Biasanya akun yang sudah terverifikasi merupakan akun milik orang-orang ternama seperti, artis, politikus, seniman, kepala negara, dan sebagainya. Pihaknya mengaku bahwa fitur masih dalam tahap uji coba dan akun terverifikasi akan menjadi media uji cobanya.

Kendati belum memberikan keterangan secara resmi apakah Twitter akan meluncurkan fitur ini untuk seluruh pengguna. Namun bagi pengguna iOS, Quality Filter sudah diluncurkan secara perlahan-lahan.

About the Author :

Leave a reply