Smartphone Samsung akan Musnah di Jepang

23/04/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   2044 Views

TEKNOOLOGIA.com,Jakarta – Nantinya di Jepang tak akan ada lagi smartphone Samsung. Bukan karena vendor asal Korea Selatan tersebut menarik diri ataupun diboikot pasar Jepang, namun sebatas penghilangan nama “Samsung” di produk-produk Samsung yang dipasarkan di Negeri Sakura tersebut.

Mengapa? Ternyata hubungan politis yang sering panas antara Jepang dan Korea Selatan menjadi alasan. Nama “Samsung” yang merupakan nama Korea dikhawatirkan akan berakibat pada sentimen anti Korea yang lalu mengakibatkan tidak lakunya penjualan vendor tersebut di Jepang.

Seperti dilansir Nikkei Asian review baru-baru ini, Samsung menghilangkan nama “Samsung” pada setiap smartphone buatannya. Sebagai contoh, di Jepang, Samsung Galaxy S6 Edge hanya akan dikenal sebagai Galaxy Edge 6.

Kebijakan ini pun langsung berlaku efektif. Laman Facebook yang berbahasa Jepang yang tadinya bernama Samsung Mobile Japan telah berganti nama menjadi Galaxy Mobile Japan.

Penghilangan embel-embel Samsung merupakan langkah yang sangat logis dan tepat, mengingat meski Samsung adalah salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, Jepang hingga kini masih sulit ditaklukan. Di Jepang, Samsung hanya menguasai pangsa pasar sebesar 4,7 persen.

Hubungan Jepang dan Korea Selatan memang unik. Masyarakat kedua negara tidak menunjukan permusuhan secara frontal, melainkan dengan persaingan teknologi. Di Korea Selatan, tidak terdapat game console Sony Playstation yang notabene buatan Jepang, masyarakat Korea Selatan lebih memilih mengembangkan game online buatan mereka sendiri. Wah untungnya di Indonesia tidak demikian ya.

 

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply