Waspada! Pencurian Pulsa Mengintai Anda

01/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   557 Views

TEKNOOLOGIA.com , Jakarta – Setelah lama tak terdengar, kini kasus pencurian pulsa kembali muncul ke permukaan media dan menyita banyak perhatian dari berbagai kalangan. Sebelumnya, penegak hukum berhasil menangkap Direktur Utama PT Colibri Network, Nirmal Hiroo Bharwani alias HB Naveen dan memberikan pidana berupa denda Rp750 juta.

Selain HB Naveen, masih ada dua orang tersagka lainnya yang sampai saat ini masih belum diproses secara hukum oleh pengadilan tinggi diakibatkan kurangnya berkas-berkas sebagai syarat untuk proses persidangan. Kedua orang itu adalah mantan Wakil Direktur PT Telkomsel, Krishnawan Pribadi serta Direktur Utama PT Mediaplay, Winda Mai Haryanto.

Kedua tersangka tersebut masih bolak-balik kejaksaan agung dan BARESKRIM POLRI karena masih kurang lengkapnya persyaratan formil ataupun materil.
“Syarat tersebut sangat penting sebagai bukti yang akan mendukung pemenuhan tiap-tiap unsur pada pasal yang dipersangkakan.” Ujar Setia Untung Mulyadi selaku Kepala Pusat Penerangan Hukum KEJAGUNG. Tindakan yang dilakukan KEJAGUNG ini bertujuan agar perkara yang masuk ke persidangan dapat mendapatkan proses peradilan yang maksimal dari jaksa.

Seperti kasus PT Colibri Network, kejaksaan dinilai tidak maksimal dalam memberikan putusan terhadap tersangka Nirmal Hiroo. Sebab, jaksa kesulitan dalam membuktikan pasal-pasal yang disangkakan. Dalam kasus Nirmal, jaksa hanya menuntut dengan pasal 62 jo, pasal 10 huruf a dan d, UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Padahal dalam dakwaan pertama, jaksa menjerat terdakwa dengan pasal 45 ayat 2 jo, pasal 28 ayat 1, dan UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Banyak dukungan yang datang agar kasus ini segera selesai, salah satunya adalah dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). “YLKI berharap kasus ini tidak
menguap ditengah jalan, karena hal ini banyak konsumen yang dirugikan.” Tutur Tulus kepada gresnews.com.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply