Paspampres RI Kecolongan oleh Redsmoke

04/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   766 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Situs resmi Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) RI kecolongan karena telah diserang oleh peretas yang beridentitas Redsmoke. Halaman dari situs paspampres.mil.id ini seketika berubah menjadi hitam pekat ketika diakses.

Redsmoke meninggalkan pesan “Security just an illusion” dan menyisipkan gambar yang menyeramkan dalam halaman yang diretasnya. Keusilan dari peretas ini mengundang banyak tanggapan dari berbagai kalangan.

“Website Paspampres bisa dijebol adalah tanda lemahnya kemampuan personil dalam menjaga keamanan situs. Sepertinya perlu ada pelatihan khusus bagi personil terkait agar bias mengamankan Paspampres baik secara onlie maupun offline.” Ungkap Bobby, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Gunadarma.

Hingga hari ini masih belum jelas apakah administrator situs paspampres.mil.id telah mengetahui dan memperbaiki serangan cyber ini. Sebab, tampilan deface dalam situs tersebut masih ada.

Teknik hacking yang dialamatkan kepada situs Paspampres adalah teknik deface. Peretas mengubah tampilan dari halaman situs Paspampres tersebut menjadi hitam pekat dengan nuansa misterius.

“Sebaiknya administrator paspampre.mil.id segera mengetahui dan melakukan perbaikan agar tampilan situs kembali normal.” Tambah Bobby.

Tentunya ini juga harus menjadi perhatian dari pemerintah terkait. Bahwa pada saat ini kemanan cyber pun harus ditingkatkan. Sebab, keamanan situs di dunia maya pun bisa berpengaruh kepada stabilitas Negara.

Identitas dari peretas pun masih belum diketahui asalanya. Di halaman tersebut hanya menyisakan kalimat “hacked by redsmoke.”

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply