Printer 3D – Printer Mutakhir Di Masa Depan

07/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   3138 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Pernahkah anda memimpikan gambar yang ada pada layar komputer anda dapat dicetak bukan hanya dengan secarik kertas seperti biasanya, melainkan berupa barang utuh ?. Impian ini sudah menjadi kenyataan. Kini mencetak suatu objek yang ada di dalam komputer anda dapat dicetak berupa benda 3 dimensi. Cara kerja printer 3D ┬átidak jauh berbeda dengan printer-printer pada umumnya yakni mencetak hasil olahan dari komputer. Namun pada 3D printer kelebihannya adalah mencetak hasil olahan dari komputer benar-benar berupa barang bukan gambar.3D printer ini bisa mencetak, modelling, prototipe/pemodelan, alat-alat peraga untuk pendidikan, model perhiasan, alat-alat penunjang kesehatan, desain produk, mainan anak-anak dan berbagai kebutuhan untuk mencetak bentuk dalam 3D
Cara Kerja Mesin 3D Printer
Cara kerja mesin printer 3D secara umum terbagi pada 3 tahapan proses yaitu :
1. Model objek 3D
Model Objek 3D dapat dibuat dengan menggunakan software khusus untuk model desain 3D yang printernya mendukung contohnya seperti Auto CAD, dan software animasi 3D.
2. Proses Printing
Apabila desainnya sudah dibuat anda bisa langsung print di printer 3D. Kemudian proses pencetakan pun dimulai, lamanya proses pencetakkan ini tergantung dari besar dan ukuran model. Proses printing menggunakan prinsip dasar Additive Layer dengan rangkaian proses mesin membaca rancangan 3D dan mulai menyusun lapisan secara berturut-terut untuk membangun model virtual digabungkan secara otomatis untuk membentuk susunan lengkap yg utuh.
3. Finishing
Pada tahap ini anda dapat menyempurnakan bagian-bagian kompleks yang bisajadi disebabkan oleh oversized atau ukuran yang berbeda dari yang diinginkan. Teknik tambahan untuk menyempurnakan proses ini dapat pula menggunakan teknik multiple material atau material berbeda; multiple color atau kombinasi warna.

Kelebihan dan kekurangan 3D Printer

Kelebihan
1. Dapat mengerjakan 2 pekerjaan sekaligus yaitu membuat benda sekaligus dapat langsung mewarnai benda tersebut.
2. Dapat membuat suatu objek dengan tingkat kerumitan yang tinggi
3. Apabila ada kesalahan gambar pada scanning bisa langsung diperbaiki dan diubah sesuai dengan keinginan kita
4. Lebih mudah digunakan dibandingkan dengan rapid manufaktur lainnya

Kekurangan
1. Mengurangi daya kreatifitas free hand
2. Mengurangi tenaga kerja para pengrajin
3. Dapat menimbulkan rasa kemalasan pada masa mendatang
4. Tidak praktis dalam beberapa hal, salah satunya adalah materil pembentuk. 3D Printer juga memiliki keterbatasan yakni bisa menyediakan satu jenis material saja untuk satu mesin saja

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa 3D Printer adalah salah satu tend Teknologi Informasi dan komnikasiMasa kini. Hal ini dapat dilihat dari kebutuhan manusia yang semakin lama semakin mutakhir. 3D Printer ini dapat membuat bentuk apapun selama objrk sumber dapat dipetkan dalam pemetaan 3D. Jika dulu penggunaan printer 3D terbatas pada pemakaian di bidang industri dan perusahaan saja, namun sekarang 3D printer dapat dimiliki secara pribadi. Anda dapat menggunakannya untuk keperluan professional stuio misalnya atau untuk keperluan pribadi.

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply