Tingkatkan Kinerja dengan Menambah RAM pada Smartphone Android

07/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   1447 Views

08TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Menambah RAM (Random Access Memory) di smartphone Android menjadi solusi ketika kita menginginkan kinerja smartphone yang cepat namun tidak memiliki budget yang besar untuk membeli smartphone dengan kapasitas RAM yang besar. Tentunya kita sudah mengetahui, salah satu cara agar kinerja smartphone tidak lambat adalah dengan menghapus beberapa aplikasi, data atau file yang tidak diperlukan. Namun, bagaimana jika tidak ada perubahan sama sekali, dan smartphone Android Anda tetap lambat? Yuk sama-sama kita lihat solusinya.

RAM pada Android sama halnya seperti RAM komputer, berfungsi untuk menyimpan banyak informasi saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Melansir Smeaker pada Jumat (1/5/2015), berikut adalah beberapa tahap ataupun langkah yang harus dilakukan untuk mempercepat kinerja smartphone. Langkah pertama, download dan instal terlebih dahulu aplikasi Swapper di Play Store pada smartphone Android yang akan ditambahkan RAM. Aplikasi Swapper berfungsi untuk menambah vitual memory.

Virtual Memory ini yang akan membantu kinerja RAM (sebaiknya memori digunakan memiliki kemampuan Read/write tinggi). Setelah aplikasi di-install, tahap selanjutnya yakni melakukan konfigurasi. Aktifkan opsi Active Swap on Boot Kemudian pada bagian Swap File Position, pilih opsi SD Card FAT Partition. Pada bagian Swap File Size, masukkan nilai yang akan digunakan untuk virtual memory, misal 1000 MB, lalu simpan pengaturan. Langkah kedua, download dan instal aplikasi SD Booster.

Aplikasi SD Booster merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan SD card dalam membaca serta menuliskan data. Dengan menggunakan aplikasi SD Booster kita dapat mempercepat aktivitas yang dilakukan seperti saat memainkan game, menjalankan aplikasi ataupun menata file. Pada kolom Cache Size (KB) isi dengan nilai, misal 2048 (nilai yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048).

Nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) adalah nilai yang digunakan saat ini. Setelah diaktifkan, pilih Set On Boot. Ini berfungsi untuk membuat nilai cache tidak kembali ke awal secara otomatis saat smartphone mengalami restart. Langkah ketiga, tambahkan file Juwe RAM Script yang berfungsi untuk mengatur RAM. Namun, ada sebagian pengguna yang kesulitan saat memasukkan file Juwe RAM Script. Jika Anda adalah salah satunya, maka cobalah alternatif lain dengan men-download aplikasi RAM Manager Pro.

Aplikasi RAM Manager Pro memiliki fungsi yang sama dengan Aplikasi Juwe RAM Script, yang membedakannya hanyalah user interface dan pengaturan-pengaturan pada RAM Manager Pro lebih lengkap. Anda harus dowload file Juwe RAM Script terlebih dahulu, kemudian ekstrak file tersebut, pindahkan file ke dalam direktori unit.D di folder System/etc. Selanjutnya, ubah pengaturan permission menjadi rwxr-xr-x. Lalu restart smartphone Anda. Jika seluruh langkah untuk menambahkan RAM tersebut dijalankan sesuai petunjuk, seharusnya perangkat smartphone Anda akan memiliki kinerja lebih cepat. Selamat mencoba, ya!

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply