Internet 5G Diramalkan Lahir pada 2020

10/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   510 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Internet 5G diramalkan para pakar akan lahir pada 2020 mendatang. Teknologi internet masa depan ini memang masih dalam penelitian dan masih dalam masa trial. Akan tetapi perusahaan-perusahaan seperti Alcatel-lucent, Huawei, Ericsson dan Nokia (termasuk kerjasama dengan NTT Docomo) optimis bahwa 5G akan segera lahir dan dikonsumsi pada 2020 mendatang.

Internet 5G ini merupakan generasi selanjutnya setelah 4G LTE yang ditujukan untuk mengantisipasi pengguna internet yang akan semakin banyak pada tahun 2020 mendatang. Pengguna internet diprediksi akan mencapai angka 25 miliar pada 5 tahun mendatang.

Internet 5G ini akan sangat mendukung inovasi Internet of Thing. Seperti yang dipaparkan oleh Nokia, bahwa persyaratan untuk mencapai IoT ini harus memiliki kecepatan rata-rata koneksi internet 10Gbps. Sementara itu, pernyataan dari Nokia ini didukung oleh perusahaan dan organisasi-organisasi penggiat internet lainnya, seperti Huawei, ITU, China MIT-2020, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari 5G:

  1. Rata-rata Kecepatan Internet 10Gb/detik

Kecepatan dari 5G ini mampu mencapai rata-rata 10Gbps. Bila ini dikonversi kedalam GBps, maka kecepatan tersebut= 0,2 x 10 Gbps = 2 GBps. Itu artinya, dalam waktu satu detik, kita bisa mengunduh data sebesar 2GB dari internet.

  1. Terciptanya Era Internet of Things

Teknologi 5G sangat penting untuk mengatasi masalah besar yaitu beban bandwidth berkapasitas besar dari banyaknya perangkat yang terhubung. Masalah tersebut jika tidak diatasi maka akan menjadi kendala terbesar pencapaian Internet of Things (IOT). Internet of Things ini adalah solusi dari keinginan para inovator agar dapat mengefisiensikan waktu dalam melakukan berbagai aktivitas. Dan internet generasi ke-5 ini bisa menjadi solusi yang nyata untuk menghadapi era Internet of Things.

  1. Teknologi 5G Ramah Lingkungan dan Hemat

Prediksi lainnya mengenai 5G adalah teknologi ini ramah lingkungan dan hemat daya. Sebuah studi yang dirilis oleh Ericsson pertengahan 2014, termasuk salah satu keunggulan dari 5G adalah mempunyai “keandalan yang sangat tinggi”. Selain itu latency 5G diharapkan menjadi hanya satu milidetik (yang berarti 50 kali lebih cepat dari 4G). Dengan nilai latency yang rendah, ini berbanding lurus dengan efisiensi energi.

Masih banyak lagi tentunya keunggulan dari 5G ini, yang jelas Indonesia perlu supra struktur yang kuat terlebih dahulu sebelum masuk kepada era 5G.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply