Pengaruh UKM Online Bagi E-Commerce

12/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   795 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peran yang sangat besar dalam penyerapan tenaga kerja, menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi kecemburuan Sosial dan dapat mnenciptakan usaha baru. Ide dasar serta manfaat e-Commerce dalam meningkatkan pelayana terhadap pelanggan serta meningkatkan daya saing perusahaan.Penerapan teknologi e-Commerce merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjan keberhasilan suatu produk dari sebuah perusahaan. Untuk mempercepat dan meningkatkan penjualan, maka dengan meliat perkembanan teknologi informasi yang sangat pesat tersebut dapat memanfaatkan suatu layanan secara on-line yang berupa e-Commerce.

Pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat dengan adanya layanan e-commerce.Hal ini diusung karena idEA melihat bahwa sebagian besar persentase ekonomi negara Indonesia merupakan kontribusi dari UKM.
Pada hari Sabtu 30 Mei 2015 mendatang, iDEyang diketuai daniel tumiwa berinisiatif untuk mengadakan seminar yang ditujukan untuk para pelaku UKM yang bertempatkan di Assembly Hall Lantai 19, Plaza Bapindo, Jakarta. Seminar ini ditujukan bagi para UKM dalam format seminar dan exhibition. Seminar tersebut bertajuk “UKM Indonesia – SCALE UP”. Acara seminar ini untuk memberikan edukasi bagi para pelaku UKM untuk meningkatkan skala usaha mereka melalui platform e-commerce .

Di area exhibition yaitu diluar seminar dapat dikunjungi secara geratis. Pengunjung akan mendapatkan informasi tentang penyelenggaraan bisnis e-commerce sekaligus berkonsultasi di KLINIK UKM.
Area ini juga diisi oleh lebih dari 60 booth yang terdiri dari para penyelenggara platform e-commerce, penyedia solusi teknologi, logistik, sistem pembayaran, periklanan digital, hingga para investor dari venture capital dan private equity. Beberapa perusahaan peserta yaitu: Sprint, Blanja.com, Bukalapak, Doku, Verisign, Baidu, Blibli.com, Tokopedia, OLX, Google, MasterCard, Elevenia, Indonetwork, Ipay88, BNI, CBN, Tuv Rheinland, JNE, Mandiri e-cash ,Blue Power Technology dan Oxygen.id .
Seminar ini akan diisi oleh lebih dari 30 prmbicara dari ekosostem industri e-commerce dan juga beberapa pakar media sosail.
“Potesi UKM di Indonesia sangat besar, namun yang sudah go online masih sangat sedikit. untuk itu, kami akan mengembangan UKM yang menjadi salah satu prioritas kerja dan komitmen asosiasi. Kami yakin bahwa platform e-commerce dan teknologi digital dapat membuka kesempatan yang luas bagi para pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya dan mewujudkan apa yang kami sebut sebagai Indonesian Dream,” tutur Daniel Tumiwa, Ketua Umum idEA kepada awak media di Jakarta (12/5).

 

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply