Strategi Samsung Untuk Untung

14/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   593 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Strategi Samsung untuk untung dipersaingan ponsel global adalah langkah dalam mengembangkan perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini. Awal kemunculan Samsung bersama Android sangatlah fenomenal. Samsung mampu meraup banyak keuntungan. Akan tetapi ketika persaingan mulai berkembang kejayaan Samsung tidak seperti dahulu. Di tahun 2014 lalu, keuntungan Samsung turun 42 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kemerosotan keuntungan ini membuat Samsung menerapkan strategi baru agar tetap bertahan dalam persaingan ponsel global. Hal pertama yang Samsung lakukan adalah membuat chip dan menerapkannya pada ponsel flagship mereka, yaitu Galaxy S6 dan S6 Edge. Kedua ponsel andalan Samsung ini murni menggunakan chip buatan mereka sendiri, yakni Exynos 7420.

Strategi selanjutnya adalah mengurangi produksi jenis ponsel. Seperti yang diketahui bersama bahwa Samsung memiliki varian yang sangat bermacam-macam. Samsung memproduksi ponsel dari harga yang sangat mahal hingga murah. Dan ini membuat keuntungan Samsung merosot, terlebih dengan kedatangan ponsel dari tanah Tiongkok yang membasmi habis-habisan ponsel Samsung.

Oleh karena itu, saat ini Samsung hanya fokus pada penjualan produk-produk unggulan saja. Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge menjadi andalan mereka saat ini. Samsung menargetkan penjualan lebih dari 70 juta unit dari kedua ponsel flagship ini.

Untuk menekan biaya produksi dan mencapai target 70 juta unit, Samsung baru-baru ini dikabarkan mengirim mesin pencetak metal dengan jumlah ribuan ke Negara Vietnam. Samsung ingin menyaingi jenis body ponsel alumunium dari Apple.

Saat ini, keberadaan ponsel besutan negeri tirai bamboo sangat mengancam keuntungan dari perusahaan besar seperti Samsung dan bahkan Apple. Salah satu contohnya adalah Xiaomi yang tak henti-hentinya mengeluarkan ponsel flagship murah dan sering meledek ponsel buatan Apple.

Informasi terkait:

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply