Perjokian Kedokteran Muhammadiyah Bayar 160 Juta ?

15/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   461 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Maraknya berita perjokian di media dalam pekan ini telah terjadi di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah. Polres Malang berhasil membekuk dua modus perjokian di Kampus UMM dengan menangkap lima peserta ujian dan dua orang yang diduga sebagai operator perjokian. Para camaba yang mengambil jurusan FK dikenai biaya Rp 160 Juta per orang dengan uang muka Rp 10 juta dan Rp 1,5 Juta untuk biaya peralatan.

Peserta ujian menggunakan perjokian dengan teknologi. Pembantu Rektor II UMM mengatakan bahwa ada dua modus perjokian yang berhasil diungkap dari lima peserta tersebut. Modus pertama dengan menggunnakan alat komunikasi handy talky (HT) untuk berhubungan dengan joki yang berada di luar lokasi ujian dengan diletakkan di sela-sela payudara peserta.

Sedangkan modus kedua menggunakan teknologi canggih dengan alat-alat yang diibawa peserta yakni server, alat penangkap sinyal, kamera ponsel, pemindai, pponsel dan magnet sebagai alat penangkap gelombang suara.

Untuk peserta laki-laki memasang ponsel dan alat penangkap sinyal di selangkangan. Lalu ada kabel yang ditempelkan menggunakan isolasi kertas di tubuh peserta. Sedangkan untuk peserta perempuan menaruh ponsel dan alat penangkap sinyal di kerudung bagian belakang. Sedangkan, magnet penangkap gelombang suara dimasukkan ke lubang telinga.

Kamera sebagai alat membaca soal dimasukkan dalam dompet kain yang diberi lubang tepat di kamera ponsel. Kamera ponsel digunakan untuk memotret soal ujian. Kamera ditaruh di paha maupun di meja kuliah kemudian soal ditempatkan di atas kamera.

Kamera tersebut bisa membaca soal dari jarak jauh yang soal tersebut kemudian akan dikirim ke operator, kemudian operator akan mengirim jawaban ke peserta.

“Kami tidak mentoleransi kecurangan dalam bentuk apa pun karena kita memang akan mengambil calon mahasiswa yang benar-benar berniat baik dan dengan cara yang baik” Kata Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP (Rektor UMM)

 

Read Hot News : Edward Snowden Meninggal Dunia?

About the Author :

Leave a reply