Waspadai Pemberian Gadget Usia Dini

17/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   470 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Seiring berkembang pesatnya teknologi gadget membuat masyrakat berbondong-bondong untuk memiliki. Rasa gengsi yang tinggi membuat masyarakat tak ingin untuk ketinggalan dengan produk gadget terbaru.

Tak dipungkuri, kini banyak orangtua memberikan gadget usia dini kepada  anak-anaknya yang masih usia dibawah umur telah mahir menggunakan gadget bertekhnologi secanggih apapun. Anak-anak tersebut telah di fasilitasi oleh orangtua yang memiliki keuangan mencukupi. Beberapa alasan orangtua memberikan gadget ke anaknya yang masih tergolong dibawah umur secara garis besar karena
supaya tidak nakal dan anteng.

“Dia saya beri gadget untuk dibuat main games dan nonton kartun jadi biar anteng dan tidak nakal kemana-mana” ujar salah satu ibu yang tidak mau disebut namanya.

Pemberian fasilitas gadget pada anak usia dini terlihat keren karena sejak dini sudah diperkenalkan dengan dunia teknologi. Akan tetapi dengan anak diberikan fasilitas gadget usia dini, akan berdampak fatal pada psikologis anak. Banyak sekali kerugian yang timbul dari pengenalan gadget usia dini. Salah satu kerugian yang ditimbulkan yaitu anak menjadi cenderung pemarah jika orangtua atau orang yang sedang mengajak interaksi si anak karena anak tersebut merasa terganggu dengan aktifitas dia bersama gadget nya. Selain itu dengan adanya pengenalan gadget usia dini, anak cenderung diam, sulit untuk berbicara dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Jika hal ini terus menerus dilakukan oleh orangtua terhadap anaknya dan semakin banyak orangtua yang memberikan fasilitas gadget usia dini, akan ditakutkan penerus bangsa menjadi monoton, cuek dengan permasalahan lingkungan, tidak adanya rasa kepedulian terhadap sesama dan bisa menyebabkan pembunuhan antar sesama karena mengikuti karakter dari games yang selama ini si anak mainkan.

“Untung mengantisipasi kecanduan anak terhadap gadget yang dimiliki yaitu si orangtua harus menciptakan suatu hal baru yang dapat melatih kreatifitas si anak seperti menggambar, mendongeng bahkan membuat kreatifitas baru seperti membuat tongsampah dari kertas” ujar seorang psikologi anak.

Baca Lainnya : Edward Snowden Meninngal Dunia ?

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply