Telin Buka Data Center di Singapura

18/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   471 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta –  Telkom Internasional (Telin) berupaya untuk membuka data center di Singapura. Anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia akan melakukan ground breaking pembangunan data center di Singapura pada bulan juni mendatang.

Setelah sebelumnya menukar guling PT Daya Mitra (Mitratel) kepada Tower Bersama Infrastruktur Group (TBIG), sekarang PT. Telkom Indonesia yang diwakili oleh Telin ini berani melakukan ekspansi ke Singapura. Biaya investasi yang dikeluarkan oleh Telin ini pun sebesar USD 115 juta dengan kapasitas data center 20 ribu meter persegi.

“Kita akan segera melakukan ground breaking pada bulan Juni nanti. Diperkirakan proyek ini akan selesai selama dua tahun dari sekarang.” Ungkap Chief Innovation and Strategy Officer Telkom Group, Indra Utoyo.

Diungkapkan oleh Indra Utoyo bahwa spesifikasi data center yang akan dibuat di Singapura ini adalah Tier-3 dan Tier-4 sebab nantinya ingin membidik pasar Singapura juga. Namun, saat ini pihak Telin pun masih mencari partner teknologi untuk pengmbangan data center ini.

“Sekarang kami pun ingin menjadi pihak atau partner dari bidang teknologi yang nantinya bisa sama-sama mengembangkan proyek data center kami. Sekarang kami akan fokus dahulu untuk pembangunan data center secara fisik.” Tambah Indra Utoyo ketika ditemui di Hotel JW Marriot, Jakarta.

Telin Singapura mengungkapkan bahwa sebelumnya mereka telah mendapatkan satu plot area di Data Center Park (DCP) Singapura. Area ini merupakan area khusus untuk pengmbangan pusat telekomunikasi dan data center. Luas areanya mencapai 8 ribu meter persegi dan akan digunakan untuk membangun data center dengan kapasitas 20 ribu meter persegi.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply