Unila Mengadopsi Aruba Networks di Kampus

18/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   486 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Universitas Lampung (Unila) telah mengadopsi Aruba Networks untuk memperkuat jaringan internet nirkabel di kampus. Unila berani untuk menerapkan infrastruktur Aruba Network dikarenakan untuk mendukung lebih dari 5.000 pengguna internet di kampus yang memiliki luas area 700 ribu meter persegi.

Sebelumnya, internet di Unila ini sudah tidak  mampu untuk menangani peningkatan jumlah pengguna di lingkungan kampus. Sebab itu, Muhamad Komarudin selaku Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Satuan  Teknologi Unila ini berani mengambil langkah untuk menerapkan infrastruktur Aruba Networks.

“Setiap akses poin habis terpakai oleh pengguna, kami selalu melakukan restart. Peningkatan beban ini juga membuat koneksi tidak stabil. Titik akses pun akan berkurang  secara berkala karena beban ini. Untuk itu, kami perlu hal baru untuk menangani ini.” Pungkas Muhamad Komarudin.

Hal ini didukung pula oleh James Chia, Managing Director Aruba Networks untuk Asia Tenggara melalui pernyataan yang diungkapkannya di email.

“Seiring dengan meningkatkanya kebutuhan untuk selalu terkoneksi ke Internet, Unila harus menghadirkan jaringan nirkabel yang jauh lebih andal dan aman bagi para mahasiswanya. Bahkan ketika perangkat yang mereka gunakan semakin meningkat.” Ungkap James, Sabtu (16/05/2015).

Penerapan infrastruktur dari Aruba Networks ini berbuah manis. Salah satu contohny adalah peningkatan bandwidth Unila yang sebelumnya hanya 200 Mbps, kini menjadi 400 Mbps. Setiap pengguna pun mendapat alokasi bandwidth hingga 2 Mbps.

Biaya investasi Aruba Networks ini pun terbilang murah. Hanya 10% dari investasi infrastruktur jaringan keseluruhan. Hal ini pun disebabkan karena teknologi milik Aruba sedang dalam tahap awal pengembangan. Namun, pihak Unila sudah mengungkapkan rasa puas dari segala hal yang dilakukan Aruba Networks di kampusnya.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply