WASPADA ! Bahaya Radiasi Smartphone

19/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   704 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Bahaya radiasi smartphone telah digencarkan informasinya di kota Barkeley. Pemerintahan kota Barkeley mengumumkan dan memperingatkan kepada para penjual ponsel untuk memberitahukan kepada konsumen mengenai bahaya radiasi smartphone.

Mengingat betapa bahayanya efek dari radiasi tersebut, Badan regulasi Amerika mengamanatkan bahwa para pejual atau produsen menyertakan dalam paket penjualannya mengenai pedoman atau informasi mengenai tingkat radiasi perangkat serta penggunaannya dalam buku manual penjualan. Pedoman resmi pada buku manual yang disertakan dalam penjualan, diharapkan dapat berisi tetang informasi ppenggunaan perangkat yang harus memiliki jarak penggunaan antara 5 milimeter hingga 25 mm dari tubuh.

Perlu diketahui bahwa efek dari radiasi smartphone dapat beresiko kanker otak pada anak-anak dan remaja meningkat 400. Semakin muda usia pengguna, makin besar dampak yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel. Pada orang dewasa radiasi smartphone apabila digunakan dalam waktu 30 menit/hari selama 10 tahun dapat meningkatkan resiko kanker otak dan acoustic neuroma (sejenis tumor otak yang dapat menyebabkan tuli).

Bagi anda mulai sejak ini untuk mengurangi kebiasaan penggunaan smartphone lebih dari 30 menit/hari. Memang diluar penalaran manusia masa kini mengingat smartphone merupakan fasilitas pokok di era globalisasi karena semua aktifitas mayoritas dilakukan melalui smartphone sebagai perantara. Akan tetapi, efek dari penggunaan smartphone lebih dari 30 menit/hari selama 4 tahun bisa memicu hilang pendegaran dan radiasi smartphone yang terus menerus dapat memicu tinitus (telinga berdenging) dan kerusakan sel rambut yang merupakan sensor audio pada organ pendengaran.

Akibat pemakaian ponsel yang berlebihan, frekuensi radio yang digunakan (900 MHz, 1800 MHz dan 2450 MHz) dapat meningkatkan temperatur di lapisan mata sehingga memicu kerusakan kornea.

Penyimpanan smartphone dalam saku celana juga sangat tidak diperkenankan karena dapat menyebabkan kanker kulit. Amat disayangkan berdasarkan penelitian Dewan kota Barkeley bahwa sebanayak 74 persen pengguna menyimpan ponsel di dalam saku mereka. Namun, sebanyak 66 persen pengguna tidak mengetahui bahwa produsen mengajurkan untuk tidak menyimpan ponsel dalam kontak yang sangat dekat dengan tubuh.

 

Baca Lainnya : Edward Snowden Meninggal Dunia ?

About the Author :

Leave a reply