AS Memata-matai Pengguna UC Browser

22/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   1102 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Sebuah browser ternama asal Tiongkok yaitu UC browser diduga diintip data-data penggunanya oleh Badan Sandi Negara AS yaitu National Security Agency (NSA).

Hal tersebut diungkapkan oleh Edward Snowden yang merupakan seorang mantan kontraktor CIA dalam dokumen yang dia ungkapkan kepada the Intercept dan CBC

Dokumen NSA tersebut mengatakan bahwa browser asal negeri tirai bambu tersebut membocorkan informasi aktifitas para pengguna browser tersebut dan mengirimkan informasi aktifitas para pengguna tersebut ke tiongkok seperti dilansir dari Android Authority pada kamis (21/5/2015).

Informasi yang disadap oleh NSA melalui browser UC ini seperti kata kunci penacarian yang dilakukan para pengguna browser, nomor kartu SIM serta ID unik yang digunakan oleh pengguna pada perangkatnya.

Analisa tentang informasi yang disadap oleh NSA dari UC browser ini dilakukan oleh firma Citizen Lab dan firma tersebut pun telah melaporkan hal ini kepada Alibaba selaku pemilik UC browser

Alibaba pun mengatakan bahwa browser tersebut telah menambal celah keamanan tersebut pada Update yang diberikan awal bulan ini, masih menurut Alibaba kebocoran informasi yang terjadi ini bukanlah hal yang disengaja.

Seperti diketahui, UC browser adalah salah satu browser mobile terpopuler, di toko aplikasi milik Google Android yaitu Google Play, aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 100 juta kali oleh pengguna Android.

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply