Telkom Berencana Orbitkan Satelit Telkom 3S pada 2016

22/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   626 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – PT. Telkom Indonesia berencana untuk mengorbitkan satelit bernama Telkom 3S pada akhir 2016 nanti. Sebelumnya pihak dari perusahaan plat merah ini sudah mencoba untuk mengorbitkan satelit bernama Telkom 3, akan tetapi gagal.

Menurut kabar yang beredar, satelit yang tengah dipersiapkan Telkom ini akan membawa transponder dengan jumlah yang lebih banyak dari satelit sebelumnya yang gagal mengorbit, yaitu Telkom 3.

“Saya lupa persisnya, akan tetapi jumlah transponder dari Telkom 3S akan lebih banyak dari Telkom 3. Dan teknologi yang diterapkan pada Telkom 3S ini pun lebih canggih dari Telkom 3.” Pungkas seorang Direktur Jaringan Telkom, Abdus Somad Arief, Rabu (20/05/2015).

Dinyatakan pula bahwa latar belakang rencana pelucuran Telkom 3S ini juga untuk menopang kebutuhan serat optic. Sebab, sampai saat ini satelit masih menjadi backbone dari teknologi serat optik. Persentasenya pun menyentuh angka 30%.

Sementara itu, demi membangun perangkat Telkom 3S, PT. Telkom Indonesia menggandeng perusahaan asal Peranci, yaitu Aleniaspace. Perusahaan yang menjadi partner dari Telkom ini nantinya fokus untuk mengerjakan transponder dan ground segment bagi Telkom 3S. Aleniaspace telah memenangkan tender pada tahun 2013 lalu yang telah diselenggarakan PT. Telkom.

Mengenai masalah harga, Telkom 3S ini memiliki harga sekitar USD 200 juta hingga USD 250 juta. Nantinya, PT. Telkom akan melakukan pengumpulan dana pembuatan Telkom 3S melalui kas dan berbagai macam pinjaman.

“Rencananya pada kuartal keempat pada tahun 2016 kami aka segera mengorbitkan Telkom 3S ini. Satelit ini pun sudah memiliki slot orbit. Nanti, Telkom 3S akan mengorbit pada slot 118o BT.” Tutup pria yang akrab dengan sapaan ASA ini.

Informasi terkait:

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply