Regulasi TKDN Mampu Menekan Harga Ponsel 4G

23/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   513 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Regulasi TKDN (Tingkat Kandungan dalam Negeri) dinilai mampu menekan harga ponsel 4G hingga mencapai kisaran 300-400 ribu. Hal ini dikemukakan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara ketika ditemui pasca melantik anggota baru BRTI di gedung Kominfo, Jakarta, Jumat (22/05/2015).

Berdasarkan rencana, regulasi TKDN ini akan diberlakukan pada 1 Januari 2017 mendatang. Dan ini menjadi tanggungan berat bagi para regulator yang baru saja dilantik oleh Rudiantara.

“Jika rugulasi TKDN sudah diberlakukan di Indonesia, maka harga ponsel 4G yang saat ini di atas 1 juta akan bisa turun 60%-70%.” Ungkap Menteri yang akrab dengan panggilan Chief RA ini.

Regulasi TKDN ini pun perlu adanya kolaborasi dengan kementerian perindustrian serta kementerian perdagangan. Sebab, regulasi TKDN ini dibentuk untuk mendukung industry ponsel lokal. Sedangkan, dalam tubuh Kominfo sendiri, regulasi ini sudah mencapai tahap konsultasi publik.

“Demi melancarkan regulasi ini, saya perlu bertemu dengan Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan terlebih dahulu. Dan di kami pun, regulasi ini sudah mencapai tahap konsultasi publik. Saya berharap agar hasilnya sudah bisa diumumkan awal juni nanti.” Tambah Rudiantara.

Menkominfo pun menegaskan kepada anggota BRTI yang baru agar benar-benar menjadi badan regulator, bukan hanya sekedar analisa saja. Sebab, mereka adalah mewakili setiap elemen masyarakat dan bertanggung jawab atas kenyamanan masyarakat dalam menggunakan fasilitas telekomunikasi.

“Makanya, BRTI ini harus menyusun regulasi. Jadi, jangan hanya analisa melulu. Nanti namanya ganti saja jadi Badan Analisa Telekomunikasi Indonesia.” Ucapnya.

Seperti yang diketahui dalam aturan TKDN, setiap perangkat mulai dari ponsel, tablet, modem, dan yang lainnya yang dijual di Indonesia akan dikenakan aturan memiliki 30% konten lokal. Sementara untuk jaringan  seperti base in station minimal 40%.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply