Rudiantara Minta Foreign Direct Investement Kepada Huawei

23/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   462 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Menkominfo Rudiantara meminta kepada perusahaan Huawei Tech Investment agar meningkatkan investasi melalui foreign direct investment. Hal ini berani dikemukakan oleh Rudiantara menyusul karena pihak dari Huawei terkesan hanya memanfaatkan pasar Indonesia untuk meraup untuk sebesar-besarnya.

Pernyataan pedas Rudiantara ini dilontarkan ketika melakukan sambutan dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kominfo dengan Huawei di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (19/05/2015) lalu.

Proses kerjasama dengan Huawei ini sudah tidak asing bagi Rudiantara. Sebab, semasa sebelum menjadi Menkominfo, Rudiantara pun pernah menandatangani nota kesepahaman dengan Huawei terkait proyek pembangunan jaringan di Indonesia.

“Huawei ini sudah masuk ke Indonesia sejak tahun sekitar 12-13 tahu lalu. Sekarang mereka sudah berkembang pesat disini. Bahkan sudah menjadi market leader. Banyak keuntungan yang sudah didapatkan oleh Huawei dari Indonesia. Makanya sekarang Huawei harus beri timbal balik yang seimbang,” Tegas Rudiantara.

Salah satu permintaan dari Rudiantara kepada Huawei adalah pembangunan pusat inovasi teknologi dunia di Indonesia. Saat ini, Huawei sudah memliki 45 innovation center yang tersebar di seluruh dunia. Dan keuntungan dari pembuatan innovation center ini mencapai USD 40 miliar.

Jika pihak Huawei dapat merealisasikan keinginan pihak Kominfo, Rudiantara pun menjanjikan untuk memudahkan izin kerja bagi para ekspatriatnya.

“Saya harapkan Huawei ini bisa membangun innovation center yang ke-46 di Indonesia. Saya sebenarnya sudah tidak suka dengan nota-nota kesepahaman ini. Lebih baik langsung action plan saja.” Tutup Rudiantara.

Kerjasama ini pun diharapkan mampu menyehatkan industri TIK Indonesia baik secara nasional atau pun internasional. Kemudian, Indonesia pun tidak lagi dijadikan pasar, tapi dijadikan industri yang memiliki kemandirian ekonomi yang kuat.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply