BRTI Serukan Registrasi Ulang Kartu Prabayar

25/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   762 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) lakukan tindakan registrasi ulang kartu prabayar demi kenyamanan pelanggan. Hal ini dilakukan melaui surat edaran BRTI dengan Nomor: 159/BRTI/V/2015.

Ketika banyak aduan mengenai pencurian pulsa melalui SMS, adanya nomor telepon yang menawarkan kredit, atau yang paling heboh adalah SMS ‘Mama Minta Pulsa’, maka BRTI meminta kepada semua pengguna kartu prabayar agar melakukan registrasi ulang.

Poin yang paling disoroti dari surat edaran BRTI tersebut ialah poin yang memerintahkan penyelenggaranya agar memodifikasi aplikasi 4444 di server, sehingga bisa diregistrasi oleh petugas gerai.

“Melalui surat edaran ini, kami ingin melakukan pembenahan bersama dari registrasi kartu prabayar. Kami juga ingin pihak gerai bisa mambantu kami agar tidak ada tindakan-tindakan penyalahgunaan nomor yang dilakukan untuk melalakukan sesuatu yang bertentangan dengan undang-undang.” Ungkap Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo.

Upaya untuk penertiban registrasi kartu prabayar ini sudah mulai dicanangkan dan dilaksanakan pada tahun 2014 lalu. Akan tetapi, sampai sekarang tidak membuahkan hasil yang maksimal. Terbukti dengan masih banyaknya keluhan pelanggan yang masih menerima SMS Spam dari nomor tidak dikenal.

Rencananya, registrasi ulang kartu prabayar ini akan dilaksanakan selama dua bulan, terhitung sejak tanggal diterbitkannya surat edaran dari BRTI tersebut.

“Setiap bulan operator wajib menyampaikan laporan dari progress registrasi ulang tersebut. Kemudian BRTI akan melakukan uji petik secara berkala. Apabila ada operator yang nakal dengan tidak mengindahkan surat edaran tersebut, maka akan diberikan sanksi yang tegas.” Pungkasnya.

Jika hal ini selesai terlaksana, selanjutnya pihak operator wajib memegang kendali penuh atas setiap kartu perdana yang beredar. Hal ini bertujuan agar memudahkan untuk penelusuran (Traceability) setiap pemilik kartu SIM (Subscriber Identity Module Card) tersebut.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply