Tugas Manusia dalam Post Human Era

25/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   524 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Suatu saat nanti pasti akan tiba post human era, dimana tugas manusia sudah diambil oleh robot. Prediksi tersebut berani dikemukakan oleh seorang ahli astronomi asal Inggris bernama Sir Martin Rees pada sebuah media, Telegraph, Jumat, (22/05/2015).

Alasan astronomer ini berani untuk memprediksi post human era dikarenakan dengan keadaan hari ini yang semua Negara mulai mengembangkan teknologi artificial intelligence pada sebuah mesin. Dan tujuan para ilmuwan ini pun jelas, bahwa untuk meringankan tugas-tugas manusia di masa yang akan datang.

“Manusia bisa mencapai titik batas otak organik mereka. Namun, hal seperti itu tidak berlaku pada sebuah komputer. Buktinya, sebuah kalkulator yang diciptakan tahun 1970 silam mampu menghitung lebih baik daripada manusia.” Pungkas Sir Martin Rees pada Telegraph.

Martin sangat mempercayai bahwa teknologi robotik akan berkembang dengan pesat di berbagai belahan Negara. Meskipun robot sangatlan kaku dalam melakukan segala hal, tapi perkembangan sensor, pengenal suara, pencarian informasi, dan segalanya berjalan dengan sangat hebat.

Mungkin beberapa dari anda sudah menyaksikan film Chappie. Sebuah robot yang sangat cerdas dan menjalankan fungsi sebagai anggota polisi dan memastikan keamanan Negara. Bukan tidak mungkin 50 tahun yang akan datang, robot seperti Chappie ini bisa diciptakan.

Begitulah Sir Martin Rees memercayai bahwa kecerdasan sebuah robot nantinya akan benar-benar menggantikan posisi manusia diberbagai sektor kehidupan.

“Jika robot mampu untuk mengamati dan menginterpretasi lingkungan seperti manusia, pasti mereka akan diterima sebagai makhluk pintar yang sama dengan manusia. Para ahli hari ini tidak memercayai tentang ini. Tapi kita lihat puluhan tahun ke depan. Saya yakin sekitar 50 tahun lagi.” Tutup Sir Martin Rees.

Informasi terkait:

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply