Aturan TKDN Kendor Membuat Galau Vendor

29/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   457 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Rencana aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dikabarkan kendor dan membuat galau vendor. Regulasi TKDN yang akan diberlakukan pada awal 2017 mendatang. Dan saat ini, seperti ayng diungkapkan Rudiantara, TKDN sudah masuk tahap konsultasi publik.

Akan tetapi, regulasi TKDN hari ini membuat sejumlah vendor mulai galau. Sejumlah vendor yang tadinya siap untuk memenuhi regulasi TKDN, hari ini justru berbondong-bondong mundur teratur dan tidak terdengar kembali langkah konkretnya.

Kabar ketidak jelasan regulasi TKDN ini diungkapkan oleh Presiden Direktur PT Sat Nusapersada, Abidin. Ia mengungkapkan bahwa pemerintah tidak konsisten dalam memberlakukan aturan TKDN ini.

“Saya rasa terjadi kemunduran dari regulasi TKDN ini. Tidak ada kejelasan lebih lanjut. Seandainya pemerintah lebih tegas dan konsisten dalam memberlakukan TKDN. Saya jamin, industri ponsel dalam negeri akan berkembang pesat.” Ungkap Abidin.

Ketidak tegasan pemerintah dalam memberlakukan regulasi TKDN ini membuat beberapa vendor mundur. Abidin mencatat, bahwa sudah ada 12 vendor ponsel internasional dan lokal yang sudah bersedia menggunakan jasa PT Sat Nusapersada dalam perakitan ponselnya. Akan tetapi, 10 dari pihak vendor tersebut mengundurkan diri dan hanya tersisa 2 vendor yang bersedia.

“Dampak ketidak jelasan ini begitu nyata. Regulasi TKDN sekarang seperti membias begitu saja. Beda, ketika pertama kali pemerintah bersuara dengan lantang tentang TKDN.” Keluh Abidin.

Saat ini, PT Sat Nusapersada bisa memproduksi 3 juta unit setiap bulan. Mereka pun menegaskan bahwa perusahaan mereka mampu untuk merakit ponsel dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan pabrikan luar negeri.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply