Indonesia Siap Bentuk Badan Cyber Nasional

29/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   529 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Indonesia siap membentuk lembaga baru bernama Badan Cyber Nasional (BCN). Hal ini dirumuskan ketika pertemuan Menkominfo dan Menko Polhukam diacara Simposium Nasional Cyber Security (SNCS) 2015.

Belakangan ini, Indonesia memang mengalami ancaman dari para pelaku cyber crime baik lingkup nasional atau pun internasional. Dan yang dirugikan atas kasus kejahatan ini bukan hanya perorangan, tapi juga aspek perekonimian dan keamaan Negara juga terancam terganggu.

Hal tersebutlah yang mendasari Menkominfo dan Menko Polhukam ingin segera membentuk Badan Cyber Nasional. Nantinya, Badan Cyber Nasional ini fokus untuk menangani hal yang berkaitan dengan penanganan berbagai aktivitas negatif.

“Saya sudah menemui para penggiat komunitas cyber yang ada di Indonesia. Mereka merekomendasikan juga untuk membentuk sebuah badan sendiri. Sebab, saat ini jumlah komunitas cyber ini banyak sekali sehingga tidak terorganisir dan tidak teratur.” Ungkap Menko Polhukam, Tedjo Edhy Pudjianto.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini duduk diperingkat ke-8 dunia sebagai pengguna internet aktif di Dunia. Dan diprediksi jumlah pengguna internet di Indonesia ini akan semakin meningkat. Bahkan, menurut data, pengguna internet di Indonesia akan mencapat angka 100 juta pengguna pada akhir 2015.

“Pengguna internet di Indonesia ini sangat massif. Dan perkembangannya pun beragam. Ada yang menggunakan internet untuk hal negatif dan kriminal. Ada pula yang menggunakannya dalam hal positif. Untuk menanggulangi hal-hal negatif ini, saya rasa perlu segera dibuat Badan Cyber Nasional (BCN).” Tegas Felani Galih Prabawa, Ketua BEM FTI Gunadarma yang hadir dalam event SNCS 2015 ini.

Hasil daripada kajian yang mempertemukan praktisi, akademisi, institusi dan pemerintah ini rencananya akan diberikan kepada Presiden Jokowi demi memberikan referensi untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil dalam permasalahan ini.

“Semoga hasil dari SNCS 2015 ini positif. Artinya, Presiden Jokowi merestui untuk membuat Badan Cyber Nasional guna melindungi ranah cyber Indonesia.” Tutup Felani Galih Prabawa.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply