Sudah Siapkah Anda, Jika Produsen Ponsel Asing Dirikan Pabrik di Indonesia?

29/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   528 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Indonesia menjadi negara di incar para produsen ponsel asing dirikan pabrik di Indonesia dan siap bersaing di negeri ini. Beberapa perusahaan asing smartphone yang akan membangun pabriknya diantaranya Oppo, Sony, Samsung dan Sharp.

Salah satu alasan mereka berkeinginan membangun pabrik di Indonesia yakni pemerintah telah menerapkan aturan mengenai Tingkat Kandungan Dalam Neger (TKDN). Peraturan TKDN diterapkan untuk meningkatkan produksi ponsel lokal, mengurangi defisit anggaran yang diakibatkan impor ponsel dan menciptakan lapangan kerja di
Indonesia. TKD diterapkan pada tahun 2015.

Berikut ini perusahaan asing smartphone yang menanamkan modal di Indonesia:

Sharp                                                                                                                                                                                       Tomohikiro Suzuki, Product Planningg Sharp Indonesia mengatakan bahwa tepat hari ini, (Jumat,29/05/2015) pertama kalinya Sharp merilis smartphone 4G LTE di Indonesia. Sebelumnya, sharp sudah memiliki pabrik untuk peralatan elektronik di Indonesia dan rencana juga akan membuka pabrik manufaktur smartphone.

Tomohikiro perwakilan dari perusahaan yang berasal dari Jepang ini menegaskan walaupun sudah ada planing untuk membuka pabrik di Indonesia, akan tetapi dirinya belum bisa memastikan untuk waktu pelaksanaannya.

Oppo
Perusahaan ponsel yang berasal dari China dan beberapa product nya telah laku terjual di Indonesia akan membuka pabrik perakitan di Tanggerang, Kota Mauk. Menurut CEO PT Oppo Indonesia, Ivan Lau mengatakan bahwa pembukaan pabrik nantinya akan ditargetkan untuk menghasilkan produk sebanyak 200 ribu unit per bulan.

Samsung

Dua produsen Samsung dan Oppo telah berinvestasi di Indonesia senilai USSD50 juta, Januari 2015. Ignatius Warsito seorang Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementrian Perindustrian mengatakan bahwa produksi pabrik Samsung mencapai 500 ribu unit ponsel per bulan dan beroperasi pada Maret 2015.

Sony

Sony Mobile Communication dikabarkan akan membuka pabrik di Indonesia dan saat ini sedang dalam tahap persiapan serius guna membangun pabrik di Indonesia.

Sony merupakan produsen ponsel asal Jepang dengan produk yang menempati peringkat kedua penjualan smartphone di Indonesia dari sisi value share, seperti di ujar Ika Paramita seorang Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia.
Seperti diketahui, Ke empat produsen ponsel diatas mengalami penjualanan smartphone yang sangat pesat. Alasan mereka membangun pabrik di Indonesia karena guna membangun lapangan kerja. Hal tersebut bisa saja membantu Indonesia untuk mempekerjakan rakyatnya.

Akan tetapi apakah kita sebagai pribumi Indonesia bersedia jika perusahaan asinglah yang membuka lapangan kerja di Indonesia dan kita hanya sebagai pekerja saja?

Baca Juga : Game Terbaru Minggu Ini !

About the Author :

Leave a reply