Ahok Siap Buat Jakarta Menjadi Smart City

30/05/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   523 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Ahok berupaya membuat Jakarta untuk mewujudkan program smart city dengan memasang ribuan CCTV di Ibu Kota Indonesia tersebut. Pemasangan CCTV ini bertujuan untuk memantau lalu lintas yang ada di daerah Jakarta.

Renacanya, proses pembangunan sistem smart city ini akan selesai pada akhir 2015 mendatang. Dan sekitar 2.000 CCTV sudah siap dioperasikan di awal 2016 nanti. Namun, masih ada beberapa kendala dalam pembangunan sistem smart city ini.

“Bila sistem smart city ini sudah berjalan sempurna, maka seluruh penjuru kota bisa diakses melalui ponsel mereka. Kendalanya sekarang ialah bandwidth-nya masih kecil.” Ungkap Gubernur DKI Jakarta ini.

Bukan hanya untuk memantau lalu lintas, CCTV yang akan dipasang oleh Pemprov ini juga bertujuan untuk memantau kawasan-kawasan yang rawan kriminalitas dan juga untuk mengontrol sampah di daerah tertentu.

Ahok pun sempat mendemonstrasikan program CCTV ini. Dia menggunakan ponsel miliknya dan menunjukkan hasil dari CCTV tersebut kepada khalayan ramai. Uniknya, secara kebetulan ada mobil yang tertangkap kamera tersebut karena melanggar peraturan.

“Nah, ini dia contoh dari penerapan CCTV ini. Ini mobil kurang ajar nih. Seharusnya Dishub setempat segera tangkap pemilik mobil ini. Plat nomornya pun kelihatan. B 9772 DAG.” Papar Ahok.

Program pemasangan CCTV ini pun dikatakan mampu untuk mengefisiensikan para petugas Polda Metro Jaya. Pihak Pemprov pun sudah minta rekomendasi kepada Polda tentang titik-titik mana saja yang rawan pelanggaran dan perlu dipasang CCTV. Jika sudah selesai, tentu petugas Polda Metro Jaya tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berpatroli.

Ketika ditanya tentang biaya yang dikeluarkan untuk merealisasikan program ini, Ahok menyatakan dengan tegas bahwa biaya untuk memasang CCTV ini didapatkan dari setiap perusahaan yang ingin memasang mikrosel di daerah Jakarta.

“Modal saya cukup menodong perusahaan yang ingin membuka mikrosel di Jakarta. Saya akan kasih izin pemasangan dengan syarat menyediakan WiFi, lampu jalan, dan CCTV.” Tutupnya.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply