Alibaba Menjadi Inspirator Bukalapak

02/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   484 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Alibaba menjadi inspirator dari Bukalapak. Pernyataan tersebut keluar dari mulut CEO sekaligus Co-Founder dari Bukalapak, Achmad Zaky.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Alibaba merupakan perusahaan e-commerce terbesar bukan hanya di Cina, akan tetapi di dunia. Salah satu kunci keberhasilan Alibaba dalam menjadi pemain e-commerce ini adalah dengan menggandeng para pelaku UKM yang ada di Cina.

Hal tersebutlah yang coba dilakukan oleh Bukalapak di Indonesia. Setelah melakukan kunjungan pada minggu lalu ke Alibaba, Achamd Zaky langsung terinspirasi dan ingin juga untuk melakukan  hal yang sama seperti yang telah dilakukan Alibaba di Cina.

Di Indonesia sendiri banyak sekali pelaku UKM. Akan tetapi beberapa dari mereka belum bisa menjalankan bisnis online secara professional. Hal inilah yang menjadi faktor pembeda. UKM di Cina sangat fast respond dalam menanggapi berbagai pertanyaan pembeli.

Tidak hanya itu, proses pengiriman yang cepat pun menambah nilai profesionalitas mereka. Misalnya, seorang pembeli ingin membeli sebuah barang, ketika sudah selesai proses pembayaran, maka barang tersebut akan dikirim ke alamat pembeli pada hari itu juga.

“Mereka mempunyai standar pelayanan yang tinggi. Contohnya, jika ada kesalahan, barang yang dikirim akan segera diganti. Bahkan mereka pun tak keberatan untuk memberikan bonus tambahan. Hal ini tentunya membuat puas para pelanggan.” Ungkap Achmad Zaky.

Sekedar informasi tambahan, bahwasanya terdapat beberapa ciri-ciri yang menandakan sebuah UKM itu berkualitas, diantaranya ialah Trustworthy (Terpercaya), Reliable (Dapat Diandalkan), Mempunyai Layanan yang Bagus, Memiliki Daya Kompetitif, dan Memberikan Respon yang Cepat Kepada Konsumen.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply