Software Baca Ekspresi Wajah Saat Anak Sakit

03/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   534 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Sebuah penelitian berhasil mengembangkan sebuah software untuk membaca dan mendeteksi ekspresi wajah saat anak sakit. Penelitian tersebut dilakukan oleh sekelompok peneliti asal UC San Diego of Medicine.

Teknologi yang diciptakan dapat digunakan untuk anak berusia 5 tahun hingga 17 tahun. Untuk mengukur rasa sakit, sistem penilaian yang diberik an dengan skor dari nol hingga 10.

Software tersebut menyimpan database gerakan sebanyak 46 sehingga perangkat ini mampu menilai 46 gerakan yang berbeda pada wajah untuk mengetahui tingkat kesakitan si anak. Perangkat ini nantinya akan memberikan skor penilaian yang kemudian hasil dari penilaian akan dibandingkan dengan informasi yang didapatkan dari hasil wawancara orangtua, observasi serta perawat di rumah sakit sebagai estimasi lanjutan dari hasil penilaian yang didapat.

Salah satu tim pengembang dari UC San Diego Scholl of Medichine, Jeannnie Huang mengungkapkan bahwa pada pediatri terdapat populasi terbatas dimana anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan dengan cara berbeda, sehingga perlu pembacaan ekspresi wajah saat anak sakit untuk mengatasi hal yang sulit dimengerti.

Tujuan dari pembuatan teknologi ini yakni meningkatnya kepedulian orangtua ketika anak sakit dan lebih baik jika orangtua lebih dahulu tau tingkat kesakitan anak melalui ekspresi wajah dengan memanfaatkan software membaca ekspresi wajah saat anak sakit.

Baca Juga : Gionee Elife E8 dan Gionee Elife M5 Rilis Pekan Depan

 

 

 

About the Author :

Leave a reply