Telkom Indonesia Kembangkan e-Government Bersama Singtel

06/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   629 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – PT Telkom Indonesia bekerjasama dengan Singapore Telekomunikasi (Singtel) untuk kembangkan e-Government. Sebelumnya, pihak Telkom baru saja berekspansi dinegeri singa tersebut dengan membangun data center dan yang paling baru adalah membuat GraPARI Telkom.

“Kami sedang mempersiapkan Join Venture (patungan) antara perusahaan Telkom dan Singtel untuk mengembangkan jaringan telekomunikasi di Indonesia.” Ungkap Menteri BUMN, Rini Soemarno ketika ditemui dalam pembangunan Data Center di Jurong, Singapura.

Proses kerjasama JV ini pun lebih khusus ditujukan untuk memperkuat layanan internet di Indonesia, layanan data, dan layanan telekomunikasi lainnya guna mengembangkan organisasi perusahaan atau pun pemerintahan (e-Government).

Sebagai informasi, sebenarnya Telkom Indonesia sudah memiliki fasilitas untuk mendukung layanan e-Government, akan tetapi masih dirasa kurang. Atas dasar itulah, mengapa Telkom bekerjasama dengan Singtel yang sudah berpengalaman lebih dalam mengembangkan layanan e-Government.

“Layanan penguatan e-Government ini tentunya sejalan dengan pemerintahan Jokowi yang ingin meneraokan administrasi pemerintahan berbasis internet. Singtel sendiri sudah teruji kualitasnya, maka dari itu Telkom bekerja sama dengan mereka.” Pungkas Rini Soemarno.

Alex J. Sinaga selaku CEO PT Telkom ini pun sudah mengungkapkan bahwa perjanjian antara Telkom Indonesia dengan Singapore Telekomunikasi tinggal dituangkan ke dalam sebuah bentuk kontrak. Renacanya, perusahaan yang akan dibentuk nanti, porsi kepemilikan Grup Telkom 60%, sedangkan Singtel 40%.

“Semangat pemerintah yang gencar untuk menggagas e-Government menjadi alasan kuat kami untuk masuk. Selain itu, secara umumya proses kerjasama ini pun untuk meningkatkan layanan telekomunikasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.” Ungkap Alex Sinaga.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply