Telkom Wujudkan Smart City di Indonesia Melalui Smart Citizen

06/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   471 Views

TEKNOOLOGIA.com , Jakarta – Smart City merupakan sebutan untuk sebuah kota yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas layanan kota yang ramah lingkungan. Tampaknya kini kota berbagai penjuru dunia sedang berlomba-lomba untuk menjadikan kota “Smart City”. Bukan hanya diterapkan pada negara maju saja melainkan negara berkembang juga berbondong-bondong menerapkan konsep smart city atau kota pintar.

Smart city dalam konsepnya berkembang sesuai dengan dinamika yang terjadi dalam pengembangan kota. Seperti masalah global warming, problema lingkungan hidup, pertumbuhan populasi dan keterbatasan sumber daya energi juga menjadi permasalahan dalam urbanisasi. Dari munculnya permasalahan tersebut munculah sebuah tantangan untuk menjadikan smart city yaitu memasnfaatkan perkembangan teknologi.

Dilansir dari majalah Forbes menyebutkan mengenai identifikasi delapan aspek utama dari smart city diantaranya pengelolaan pemerintahan, pemanfaatan energi dan hal yang terpenting yaitu menciptakan masyarakat yang cerdas dalam menggunakan teknologi atau smart citizen.

Guna memperlancarkan konsep smart city, Telkom Indonesia berperan aktif dalam memajukan smart city di Indonesia dan menciptakan smart citizen. Selain itu konsep smart city bekerjasama dengan e-Indonesia Initiatives yang tersebar dibeberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Makassar, Depok, Aceh, Banyuwangi, Sleman, Balikpapan dan kota besar lainnya.

Telkom Indonesia terus mengembangkan Digital Network dengan menggelar jaringan fiber optik di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu cara Telkom untuk mendukung smart city di Indonesia yaitu memperluas wilayah layanan Indihome Fiber untuk mendukung aspek smart citizen. Salah satu fasilitas yang diberikan pada Indihome yakni menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi sampai 100 Mbps. Selain itu disediakan pula TV interaktif dengan dukungan teknologi IPTV didesain untuk menyajikan konsep edutaiment, tayangan hiburan yang mengandung unsur pendidikan. Sehingga secara tidak langsung perlahan mulai menerapkan smart city di Indonesia.

Adapula surveillance camera, fasilitas yang kini disediakan pada Indihome dengan basis koneksi internet. Sehingga anda dapat memantau dari berbagai lokasi menggunakan aplikasi mobile.

Untuk menciptakan smart citizen dilakukan pendekatan utama diantaranya pengelolaan pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kota pada aspek kesehatan, agama, pendidikan , eprpajakan, industri perdagang dan hal terpenting yaitu pengelolaan yang baik pada sistem pariwisata.

Melalui pariwisata, Indonesia menjadi dikenal dengan berbagai budaya dan ciri khas yang informasi pariwisata disuguhkan melalui teknologi. Sekaligus melatih masyarakat Indonesia untuk dapat bergantung pada perkembangan teknologi dan memanfaatkan menjadi teknologi cerdas. Itulah salah satu aspek yang dapat menjadikan warga yang pintar atau smart citizen dalam implementasi smart city di Indonesia.

 

Baca Juga : Promo Traveloka Beri Diskon 70% Untuk Hotel

About the Author :

Leave a reply