CTO Telenor Matikan Layanan 3G pada 2020

09/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   481 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Pada tahun 2020 nanti perusahaan CTO Telenor Norway Magnus Zetterberg resmi menyatakan akan mematikan 3G di Norwegia. kemudian, 5 tahun berselang mereka akan mematikan jaringan 2G di Negara Norwegia.

CTO Telenor merupakan perusahaan IT terbesar di Norwegia. Data menunjukkan bahwa 60% dari traffic mobile yang ada di Norwegia dikuasai oleh CTO Telenor. Mereka lebih dahulu mematikan 3G daripada 2G karena operator ini melihat perangkat yang beredar masih banyak menggunakan layanan 2G, terutama perangkat machine to machine (M2M).

Saat ini, CTO Telenor telah menyediakan layanan 4G di negaranya. Akan tetapi pemakai 4G disana masih belum mencapai target. Telenor menargetkan bahwa pada akhir 2016 nanti, pengguna 4G di Norwegia harus mencapai 90%.

Hal yang dilakukan ini terbilang menarik, sebab di Indonesia sendiri sedang ramai-ramainya memindahkan pengguna yang berasal dari layanan 2G menuju layanan 3G. Aksi yang dilakukan oleh CTO Telenor merupakan akibat dari kebijakan Network Neutrality yang terkesan menguntungkan OTT.

CTO Telenor sangat visioner dalam mempersiapkan negaranya demi menyambut era Internet of Thing. Era ini merupakan era yang dimana semua perangkat tersambung melalui aplikasi M2M. CTO Telenor tidak ingin layanan kencang yang diberikannya hanya menjadi dumb pipe bagi para pemain OTT.

CTO Telenor pun tidak hanya siap melayani 90% pengguna mereka dengan layanan 4G, bahkan mereka sedang mengembangkan VoLTE dan 4G+ yang tentunya lebih baik daripada 4G. ini artinya, CTO Telenor berusaha untuk mendahului para pemain OTT agar tidak menjadi bulan-bulanan di era IoT.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply