Operator di Indonesia Ramai Melakukan Tes Jaringan Menjelang Ramadhan

09/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   352 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Operator di Indonesia ramai-ramai melakukan tes jaringan menjelang bulan suci Ramadhan. Hal seperti ini sepertinya sudah menjadi suatu kewajiban bagi tiap-tiap operator untuk menguji seberapa baik kinerja jaringan mereka di bulan suci Ramadhan nanti.

“Drive test merupakan salah satu metode pengukuran layanan yang dilakukan untuk mengamati dan memantau kinerja jaringan seluler secara lapangan dalam hal pelanggan. Jadi, uji jaringan ini bertujuan untuk memastikan performa agar sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan.” Papar Hanang Setiohargo, VP Network Quality Managemen Telkomsel, Senin (8/6/2015).

Sementara itu, sebagai regulator, Kemenkominfo telah memberikan kriteria agar sebuah jaringan operator layak digunakan di Indonesia. Berdasarkan Permen No. 16 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Jasa Teleponi  Dasar pada Jaringan Bergerak Seluler, target standar layanan yang harus dicapai oleh operator adalah sebagai berikut:

  1. Presentase jumlah panggilan yang tidak mengalami Dropped Call dan Blocked Call minimal 90%.
  2. Presentase Dropped Call Maksimal 5&.

Kemdian, pihak Kominfo pun menentukan metode untuk menguji sebuah layanan jaringan. Metode tersebut ditempuh dengan beberapa cara, diantaranya:

  1. Pengukuran layanan panggilan dan layanan data sepanjang rute
  2. Untuk layanan panggilan suara melakukan panggilan selama 2 menit jeda 30 detik dan diulang selama rute perjalanan.
  3. Untuk layanan data melakukan unduh file 10 MB dan diulang selama rute perjalanan.
  4. Menggunakan ponsel sebagai alat ukur drive test.

Lalu beberapa hal yang diamati dalam kegiatan drive test tersebut diantaranya, kuat daya pancar dan terima dari handset (Coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (CSSR/Call Setup Rate), tingkat kontinuitas panggilan (CCSR/Call Completion Setup Time, PDP Context Time), dan yang terakhir adalah kualitas suara (MOS/Mean Opinion Score) serta speed (Data Throughput).

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply