Mau Baterai Smartphone Kamu Awet? Ini Dia Tips-nya !

10/06/2015  |  By:   |  Tekno News, Tekno Tips & Trick  |  No Comment   //   4890 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Semakin canggih gadget anda tentu akan semakin membutuhkan daya baterai yang lebih kuat. Faktanya, banyak pengguna mengeluh dengan sedikitnya kapasitas baterai. Bahkan tak sedikit pula pengguna mengeluhkan baterai smartphone bocor. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ini dia permasalahan pada baterai serta tips cara menghemat baterai smartphone agar tidak cepat bocor.

1. Isi daya beberapa kali dalam beberapa tahapan.
Melakukan pengisian baterai dengan menerapkan tahapan-tahapan. Dimisalkan dari 40 persen ke 80 persen atau 35 persen ke 70 persen.

2. Hindari pengisian baterai ketika baterai benar-benar kosong.
Jika anda mengisi baterai sampai kondisi baterai kosong, sangat berbahaya untuk kesehatan baterai smartphone anda karena mengisi daya baterai dalam waktu lama juga tidak baik. Oleh sebab itu, tak heran jika ketahanan baterai perlahan menurun.

3. Penting ! Kondisi baterai paling baik saat 40 persen.
Saat presentase baterai 40 persen sangat bagus karena kondisi baterai dalam keaadaan seimbang. Jadi jangan lakukan pengisian baterai dulu biarkan perlahan turun menurun presentasennya. Ingat jangan sampai kosong baterainya. Jika presentase baterai anda mencapai 30 persen alangkah baiknya untuk segera melakukan pengisian daya.

4. Hindari meletakkan baterai di lingkungan panas.
Ketahanan baterai akan menurun 80 persen jika pengguna meletakkannya pada temperatur panas 60 derajat. Untuk suhu normalnya saja (25 derajat) ketahan baterai tiap tahunnya akan mengalami penurunan secara ilmiah sebanyak 20 persen.

5. Hindari juga menempatkan baterai di tempat dingin
Mitos jika baterai smartphone kembung dimasukkan ke dalam kulkas akan normal kembali itu tidak sesuai dengan kenyataannya. Karena jika baterai disimpan di dalam tempat bersuhu dingin seperti kulkas akan berdampak negatif.

6. Jangan biarkan baterai kosong dalam waktu lama
Saat kapasitas baterai di presentase 40 persen, hendaknya anda segera bersiap untuk melakukan pengisian daya karena jika smartphone anda mati total dan “tidur” dalam keadaan lama akan kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian.

7. Baterai pasti akan rusak

Baterai juga manusia, manusia saja hidup hanya sementara dan pasti memiliki waktu pada titik kematian. Bagaimana dengan baterai? baterai sama halnya seperti manusia. Perlahan baterai akan menurun daya ketahanannya akan tetapi semakin lama baterai akan tutup usia hehe.

Baca Juga : Galaxy S6 Active , Smartphone Samsung Anti Air

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply