Dampak Media Sosial Mengkhawatirkan

13/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  Comments are off   //   842 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Dampak perkembangan media sosial bagi manusia sangat mengkhawatirkan. Hal ini diungkapkan oleh Joseph Grenny dan David Maxfield setelah melakukan sebuah penelitian tentang media sosial.

“Kebutuhan manusia akan media sosial ini sangat mengkhawatirkan. Bahkan banyak orang yang sudah terobsesi pada ‘Like’ atau pujian yang berada di media sosial.” Ungkap Josep Grenny.

Hasil penelitian dari Joseph dan David menghasilkan fakta bahwa 58% pengguna jejaring sosial kehilangan waktu untuk menikmati momen-momen penting dalam hidup. Para pengguna media sosial ini terkadang sibuk memotret foto untuk dimasukkan ke dalam media sosial.

Sebuah ironi ini pun semakin diperkuat dengan pernyataan responden yang mengungkapkan bahwa banyak turis-turis yang melewatkan momen-momen pemandangan berharga karena di tempat wisata karena sibuk dengan jejaring sosial mereka.

Sekitar 3 dari 4 responden mengatakan bisa menjadi lebih marah jika diganggu saat sedang asyik menggunakan media sosial mereka. Bukan hanya kehilangan momen pemandangan berharga, sekitar 25% responden pun mengaku bahwa hubungan percintaan mereka terganggu dengan media sosial.

Kemudian, dalam aspek keselamatan pun media sosial sempat membuat 14% responden berada dalam bahaya ketika mereka terlalu fokus pada jejaring sosial mereka. Bahkan beberapa diantara responden tersebut ada yang hampir terlibat kecelakaan lalu lintas.

Menurut Maxfield, dampak lain daripada media sosial ini adalah para penggunanya akan lebih sering merasa sendiri dan sedih.

“Anda mungkin saja mendapat teman lebih banyak di sosial media, dan akan mendapat banyak ‘Like’. Alhasil, anda akan lebih sering menggunakan akun-akun medsos itu. Namun, sejatinya anda akan merasa kesepian.” Ungkap Maxfield.

Informasi terkait:

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Comments are closed.